Senin, September 20, 2021
BerandaNewsMahasiswa UB Malang Ciptakan Body Lotion Pencegah Covid-19 dari Daun Kelor

Mahasiswa UB Malang Ciptakan Body Lotion Pencegah Covid-19 dari Daun Kelor

NUSADAILY.COM – MALANG – Masa pandemi covid-19 tak membuat sejumlah anak muda berhenti berkreasi. Seperti yang dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya (FPIK UB) Malang. Kelima mahasiswa tersebut adalah Indri Dwi Fitria, Rani Elvira, Jamiilah Zahrotul Jannah, Kevin, dan Alfain Homis Fadil. Mereka membuat body lotion yang diklaim dapat mencegah covid-19.

Bukan tanpa alasan, mereka membuat body lotion. Sebab, sejauh ini banyak masyarakat yang menggunakan hand sanitizer. Jika dilakukan secara terus-menerus, kandungan hand sanitizer menyebabkan dehidrasi pada kulit sehingga menjadi kering.

Sehingga, mereka mencoba berkreasi dengan menciptakan body lotion berbahan daun kelor. Sebab, body lotion memiliki manfaat untuk melembabkan dan menutrisi kulit. Namun, penggunaan bahan sintetis seperti butylated hydroxytoluene (BHT) dan paraben pada body lotion memiliki efek negatif dalam pemakaian jangka panjang dan terbukti dapat beracun serta bersifat karsinogenik.

Untuk mengatasi permasalah tersebut, kelima mahasiswa tersebut membuat lotion tubuh dengan memanfaatkan kandungan flavonoid dalam daun kelor dan kolagen kulit Ikan Patin bernama MORISTIN atau MORInga oleifera dan kulit ikan paTIN. Kedua kandungan tersebut memiliki manfaat yang cukup baik untuk melindungi kulit tubuh agar tetap segar.

“Kandungan Daun Kelor seperti apilin, epicatechin dan hesperetin yang memiliki afinitas yang baik terhadap sisi aktif ACE2 (Angiotensin Converting Enzyme 2). Sehingga, dapat menghambat proses interaksi SARS-Cov-2. Selain itu, kolagen dari kulit ikan patin dapat dimanfaatkan untuk mencegah penuaan dini, mencegah keriput, melembabkan kulit dan menambah elastisitas kulit,” urai Indri Dwi Fitria, Jumat (23/7/2021).

Moristin Merupakan Produk Perawatan Kulit yang Aman

Indri menjelaskan, MORISTIN merupakan produk perawatan kulit yang aman, sehat dan memberikan perlindungan yang lebih baik pada kulit. Selain itu, kandungan dari body lotion tersebut tidak menimbulkan efek samping meskipun digunakan secara rutin. Bahkan, manfaat dari body lotion tersebut mampu membuat kulit tetap lembab dan sehat, serta melindungi dari sinar UV termasuk juga ancaman bakteri dan virus.

“MORISTIN memiliki tiga varian, yakni Orange Fresh, Choco Melt, dan Vanilla Sweet. Masing-masing dikemas dalam dua ukuran yaitu 250 ml dengan harga Rp. 50.000 per botol dan 60 ml dengan harga Rp. 15.000 per botol,” jelas dia.

Saat ini, lanjut Indri, produk MORISTIN sudah dipasarkan di platform online. Selain itu, mereka juga memanfaatkan media sosial untuk menjual produknya. Indri produk tersebur bisa memberi alternatif lain bagi masyarakat untuk mengurangi ketergantungan pada hand sanitizer.

“Harapan kami masyarakat tertarik dengan produk ini. Tentu protokol kesehatan tetap menjadi poin utama. Tetapi paling tidak dengan produk kami, masyarakat tak perlu khawatir akan efek samping dari penggunaan produk body lotion secara rutin,” pungkas dia.(nda/aka)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

AnyFlip LightBox Embed Demo

popular minggu ini

- Advertisement -spot_img

BERITA TERBARU

berita khusus

Pemkot Malang Alokasikan Dana Cukai Hasil Tembakau untuk Jaminan Kesehatan

NUSADAILY.COM - MALANG - Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Kesehatan memanfaatkan Dana Bagi Hasil (DBH) Cukai Hasil Tembakau (CHT) untuk program pemenuhan dan penyediaan...