Sabtu, Juni 25, 2022
BerandaNewsJatimMahasiswa di Malang Tersangka Terorisme Cap Polisi Thogut

Mahasiswa di Malang Tersangka Terorisme Cap Polisi Thogut

NUSADAILY.COM – MALANG – Seorang Mahasiswa di Kota Malang, berisial IA (22), yang ditangkap Detasemen Khusus (Densus) 88, dan menjadi tersangka teroris ternyata merencanakan penyerangan atau amaliyah ke kantor polisi.

“Penyerangan ke fasilitas milik ‘Thogut’, yaitu Polisi. Caranya dengan fisik dan senjata api atau tajam,” kata Kabagbanops Densus 88 Antiteror Polri Kombes Aswin Siregar saat dikonfirmasi, Rabu (26/5).

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

BACA JUGA: Surya Paloh akan Pilih Capres Terbaik dari yang Baik-baik

Ia mengatakan bahwa rencana penyerangan itu dikomunikasikan dengan salah seorang tersangka teroris lain dari kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD) yang telah tertangkap sebelumnya.

Namun Aswin belum dapat merinci lebih lanjut mengenai konteks ataupun motif tersangka berencana menyerang kantor polisi.

BACA JUGA: Pernikahan Ketua MK dengan Adik Jokowi Berlangsung Hari Ini

Ia mengatakan bahwa pemeriksaan mendalam masih dilakukan terhadap tersangka. Dalam hal ini, kata dia, tersangka terpapar pemikiran teroris berkaitan dengan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di Indonesia.

“IA ini penyebar propaganda ISIS. Sedang kan terkait pendanaan, kita masih mendalami,” jelasnya.

Sebagai informasi, kepolisian saat ini mewaspadai penyebaran paham ISIS di Indonesia dengan ditandai proses baiat terhadap pemimpin baru kelompok teroris itu.

BACA JUGA: Gelar Aksi Demo, BMA KKN Minta Kejagung Tangkap Dalang  Kisruh Sawit

Adapun pemimpin lama ISIS Abu Ibrahim al-Qurashi diduga meledakkan dirinya pada awal Februari lalu di tengah serangan tentara AS di barat lalu Suriah.

Ibrahim memimpin ISIS sejak 2019. Dia merupakan seorang etnis Turkmenistan dari kota Tal Afar di Irak. Ia menggantikan pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi yang tewas dalam serangan AS pada Oktober 2019.

Kelompok ini pun menunjuk Abu Hassan al-Hashemi al-Qurashi sebagai pemimpin baru belum lama ini.

BERITA KHUSUS

Raih Penghargaan Program Inovasi Digital, Gus Ipul: Terus Layani Masyarakat dengan Cepat

NUSADAILY.COM - PASURUAN - Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan meraih penghargaan kategori program Inovasi Digital pada ajang Merdeka Award 2022, Kamis (24/06). Wali Kota Pasuruan...

BERITA TERBARU

Wow! PSG Untung Rp 10,9 Triliun Berkat Lionel Messi

NUSADAILY.COM - PARIS - Lionel Messi memang gagal mempersembahkan trofi Liga Champions kepada Paris Saint-Germain. Meski begitu, PSG mendulang keuntungan yang amat besar berkat...