Magetan Canangkan Sekolah KB Siapkan SDM Berkualitas

  • Whatsapp
Pencangan Sekolah Kependudukan di Magetan di SMPN 1 dan SMKN 1 Magetan.
banner 468x60

NUSADAILY.COM – SURABAYA – Terobosan sinergitas berbagai pihak dalam mengatasi persoalan kependudukan melalui cara formal dilakukan Pemerintah Daerah Magetan.

Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak Kabupaten Magetan, mencanangkan Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) di SMPN 1 Magetan.

Baca Juga

Kepala BKKBN Jatim Sukaryo, menyambut baik pencanangan kegiatan itu meski dalam suasana keterbatasan akibat pandemi Covid-19.

Kali pertama SSK dicanangkan pada 2014, dengan mengintegrasikan materi kependudukan, dan keluarga berencana dalam pokok bahasan mata pelajaran.

Sehingga bukan mata pelajaran baru, tidak menambah jam pelajaran, tidak mengganggu kegiatan belajar mengajar namun mempertajam materi bahasan.

“Di Jatim sudah ada 92 SSK. saya mengapresiasi SMPN 1 dan SMK 1 Magetan menginisiasi SEkolah Siaga Kependudukan ini karena pemahaman kependudukan harus lebih komprehensif dimulai dari remaja, baik mengenai komposisi penduduk, kualitas penduduk, mobilitas penduduk, dan hal lain,” ujarnya.

Saat ini masih banyak masalah Kependudukan di Jatim karena jumlah penduduk Jatim urutan ke-2 di Indonesia setelah Jawa Barat dan peringkat ke-15 se-Indonesia.

“Kita masih dihadapkan tantangan Kependudukan di Jawa Timur, selain jumlah banyak, bahwa rata-rata pendidikan lulusan SMP atau 7 tahun selain itu 27,6% penduduk masih masuk kategori stunting,” ujarnya.

Pemahaman kependudukan harus ditanamkan sejak remaja sejak dini, saat dewasa akan memiliki pemahaman baik.

Bupati Magetan, Dr. Drs. H. Suprawoto, SH., M.Si, mendukung penuh program SSK ini mengingat laju pertumbuhan penduduk di Magetan terus meningkat.

Bupati Sambut Baik

“Saya selaku Bupati menyambut baik kegiatan pencanangan ini. Kami berharap diikuti sekolah-sekolah lain. Ini harus dilakukan program ini wajib dan penting dilakukan,” tegas Suprawoto.

Dia berpesan, perencanaan sangat penting dalam meraih sukses program. Lewat tagline “Berencana itu Keren” saya percaya berhasil. Semenjak menikah dan punya anak, saya sendiri telah rencanakan. Jarak kelahiran juga kita atur untuk memberikan sumbangsih ke negara dan masyarakat dengan kualitas generasi,” tambahnya.

Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak, menandatangani MoU dengan SMPN 1, SMKN 1 dan Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olah Raga, menyusul SMAN 1 Magetan yang lebih dulu.

“Sudah bukan waktunya kita berbulan madu dengan SDA, namun tetapi kita harus segera menyiapkan SDM berkualitas. Saya yakin SSK mampu menanamkan nilai kependudukan secara baik,” ujarnya, di acara penandatangan Selasa (24/11/2020).

Kegiatan ini dihadiri Bupati Magetan, Dr. Drs. H. Suprawoto, SH.,M.Si, Kaper BKKBN Jatim-Sukaryo Teguh Santoso, Kepala Dinas PPKBPP- Dra Furiana Kartini, Kadispora Drs. Suwata, M.Si, Kasek SMPN 1- Dra. Hj. Titik Sudarti Suprawoto, M.Pd, Kasek SMKN 1- Drs.Budiyono, Kabid Dalduk BKKBN Jatim -Uni Hidayati, ST, MM, guru dan penyuluh KB.(ima/aka)

Post Terkait

banner 468x60