LaNyalla Soroti Darurat Akhlak dan Adab Generasi Muda

  • Whatsapp
Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalit saat memberikan orasi dalam acara rapat senat Terbuka IAIN Tulung Agung hari ini Rabu (9/9). (La Nyalla for Nusadaily.com)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. Menyoroti Kemerosotan moral generasi muda dan mentalitas para pejabat yang mengutamakan golongan dan kelompoknya.

Hal ini disampaikan saat dirinya menyampaikan orasi dalam Rapat Senat Terbuka pengukuhan guru besar Profesor Munardji, di Tulungagung, Rabu (9/9).

Baca Juga

Dikatakannya, Islam menganggap penting pendidikan akhlak dan adab. Karena itu semua akan melandasi cara kita berpikir dan berbuat.Sedangkan adab melandasi cara kita melaksanakan pikiran dan perbuatan kita itu, atau cara kita bertindak.

“Bagi dunia Islam, tidak ada artinya orang kaya tapi miskin akhlak. Atau orang cerdas, tapi miskin adab. Karena hanya akan menimbulkan kerusakan di muka bumi. Meskipun tidak otomatis negara yang mayoritas penduduknya muslim, lantas berakhlak dan beradab. Tetapi Islam mengajarkan pentingnya kedua hal tersebut,” ujar senator asal Jawa Timur ini.

la Nyalla Juga menambahkan akhlak dan adab menjadi bagian penting dari tercapainya welfare state. Karena akhlak dan adab telah menyatu menjadi bagian dari wajah bangsa. Termasuk menyatu dalam diri para pemegang kekuasaan dan jabatan. Sehingga negara berhasil mengambil peran penting dalam perlindungan dan pengutamaan kesejahteraan ekonomi dan sosial warga negaranya.

“Saya bersyukur mendapat kesempatan berbicara di forum lembaga pendidikan. Karena bagi saya, lembaga pendidikan salah satu bagian penting dari penentu wajah generasi bangsa. Sekaligus wajah Indonesia,” tutup La Nyalla.(sir/lna)