Jumat, Mei 27, 2022
BerandaNewsMetropolitanKPK Tetapkan Tersangka Hasil OTT Hakim di PN Surabaya

KPK Tetapkan Tersangka Hasil OTT Hakim di PN Surabaya

NUSADAILY.COM – SURABAYA – Masyarakat Surabaya digemparkan kabar seorang hakim di PN Surabaya di OTT KPK, pada Rabu (19/1/2021) dini hari.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Profesi hakim yang dinilai masyarakat dapat menjunjung keadilan dan kejujuran, kini tercoreng akibat salah satu oknum melakukan tindak pidana korupsi.

OTT yang dilakukan oleh KPK tersebut kini mendapatkan hasil, dan KPK telah menerapkan para tersangka yang diduga menerima suap dalam suatu perkara yang ditanganinya.

Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango dalam pers conference di gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (20/1/2022) mengatakan, KPK sudah menemukan bukti-bukti permulaan. Sehingga, tingkat status perkara ini masuk dalam tahap penyidikan dan pihaknya akan mengumkan para tersangka.

Lebih lanjut, ia menyebutkan para tersangka dari hasil operasi tangap tangan yang ada di PN Surabaya.

“KPK meningkatkan status perkara ini ke tahap penyidikan dengan mengumumkan tersangka sebagai berikut: sebagai pemberi HK (Hendro Kasiono), sebagai penerima HD (Hamdan) dan IIH (Itong Isnaeni Hidayat),” ungkap Nawawi.

Hakim DIduga Menerima Suap

IIH adalah seorang hakim pada PN Surabaya, dan HD adalah seorang panitera pengganti keduanya kini menjadi tersangka di kasus suap vonis perkara PT Soyu Giri Primedika (SGP). Dan dalam kasus ini, keduanya diduga menerima suap.

Hendro Kasiono adalah pengacara dari PT SGP. Dalam operasi tangkap tangan (OTT), KPK menangkap dua orang lainnya, yakni Achmad Prihantoyo alias AP (Direktur PT SGP) dan Dewi (Sekretaris HK), namun keduanya tak ditetapkan sebagai tersangka.

Nawawi menjelaskan, ke depannya, Hendro Kasiono akan ditahan di Rutan Polres Metro Jakarta Pusat, Hamdan ditahan di Rutan Polres Jakarta Timur, sedangkan Itong Isnaeni Hidayat akan ditahan di Rutan KPK Kaveling C1.

Sebelumnya diberitakan pada nusadaily.com, bahwa KPK melakukan OTT oknum hakim di PN Surabaya. Dalam OTT, KPK juga menyita bukti OTT berupa uang ratusan juta rupiah.

“Turut diamankan pula bukti uang ratusan juta dalam pecahan rupiah yang masih dihitung dan masih dikonfirmasi kepada orang-orang yang sedang di periksa,” ucap Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri. (als/aka)

BERITA KHUSUS

BERITA TERBARU

Asyik Main Air Banjir, Bocah di Gresik Digigit Ular

NUSADAILY.COM – GRESIK  -  Ini peringatan bagi para orang tua agar menjaga anaknya saat bermain air. Karena ada kejadian saat sedang asyik bermain air...
@nusadaily.com Ning Ita Dampingi Anak Penderita Thalasemia jalani Transfusi Darah #tiktokberita ♬ original sound - Nusa Daily