Kota Malang Dilanda Banjir dan Pohon Tumbang, Ini Kata BPBD

  • Whatsapp
Banjir di Jl Jaksa Agung Suprapto Kota, Malang.
banner 468x60

NUSADAILY.COM – MALANG – Akibat hujan deras disertai angin, sejumlah titik di Kota Malang mengalami banjir. Tak hanya itu, peristiwa pohon tumbang juga terjadi.

Baca Juga

Menanggapi hal tersebut, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang, Alie Mulyanto mengungkapkan, peristiwa banjir tersebut hampir merata terjadi di kota pendidikan ini.

“Kalau genangan air, hampir merata di beberapa tempat di Kota Malang,” terang dia, Minggu (14/3/2021).

Berdasarkan pantauan NusaDaily.com, banjir melanda di Jalan Letjen Sutoyo, Jalan Letjen S. Parman, Jalan Cengger Ayam, Sulfat, Bareng, Basuki Rahmat, sekitar RSUD Kota Malang hingga kawasan Tlogomas. Atas peristiwa tersebut, sempat mengganggu arus lalu lintas. Ada yang berputar arah, bahkan ada yang mogok.

Alie menjelaskan, banjir di sejumlah titik di Kota Malang disebabkan akibat luapan aliran drainase.

“Saluran drainase yang ada tidak mampu menampung air hujan yang sangat deras,” kata dia.

Sehingga, menurut Alie, dibutuhkan manajemen air hujan agar tidak menggenang. Salah satunya, yakni membuat sumur resapan dan sumur injekasi. Sehingga, sebagian air hujan bisa langsung terserap dan beban saluran drainase bisa berkurang.

“Kalau penyebabnya air hujan, harus diatur. Air hujan harus dimasukkan ke dalam tanah, tidak hanya dimasukkan ke drainase, kemudian dimasukkan ke sungai dan dibuang ke laut. Harus ada manajemen yang lebih besar, agar ada sumur resapan dan sumur injeksi,” papar dia.

Namun, seiring dengan redanya air hujan, banjir di sejumlah titik tersebut juga ikut surut.

Selain banjir, juga terjadi peristiwa pohon tumbang di beberapa titik. Seperti di Jalan Thamrin, Jalan Tenes, Jalan Sunandar Priyo Sudarmo dan beberapa titik lainnya.

“Sampai saat ini, ada 10 titik pohon tumbang, tim sudah menuju lokasi untuk melakukan evakuasi,” pungkas dia.(nda/aka)