Kamis, Oktober 28, 2021
BerandaNewsKota Batu Level 4, BSU Pekerja Tunggu Instruksi Pemerintah Pusat

Kota Batu Level 4, BSU Pekerja Tunggu Instruksi Pemerintah Pusat

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM-KOTA BATU– Pemerintah pusat melalui Kemenaker bakal menyalurkan bantuan subsidi upah (BSU) kepada pekerja yang terdaftar dalam BPJS Ketenagakerjaan. Bantuan senilai Rp 1 juta diberikan kepada pekerja berada di zona PPKM level IV sesuai Instruksi Mendagri nomor 20 tahun 2021 jo nomor 23 tahun 2021.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Kota Batu masuk sebagai zona PPKM level 4 mengacu pada Instruksi Mendagri. Sehingga para pekerja yang terdampak kebijakan pemerintah itu, bakal menerima BSU sesuai persyaratan.

Kepala Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP-TK) Kota Batu, Muji Dwi Leksono, masih menunggu instruksi resmi dari pemerintah pusat terkait pelaksanaan BSU. Sasaran penerima bantuan yakni pekerja yang terdaftar BPJS Ketenagakerjaan dan menerima upah di bawah Rp 3,5 juta.

“Kota Batu masuk dalam kriteria dan kami menunggu instruksi secara resmi terlebih dahulu,” ujar mantan Kabag Hukum Pemkot Batu itu dilansir Nusadaily.com.

Kesejahteraan pekerja ikut terdampak sejak PPKM darurat diterapkan 3-20 Juli. Dan pemerintah kembali memperpanjang kebijakan itu dengan istilah baru PPKM darurat level 3-4 hingga 25 Juli. 

Sektor pariwisata yang menjadi andalan Kota Batu pun merana seiring pembatasan mobilitas masyarakat. Destinasi wisata diharuskan tutup sejak PPKM darurat diberlakukan hingga kini. Sedangkan jasa akomodasi, seperti bisnis perhotelan diperbolehkan beroperasi dengan batasan maksimal kapasitas 50 persen. Sekalipun diperbolehkan beroperasi, tingkat okupansinya sangat minim. 

DPMPTSP-TK Kota Batu  mencatat ada 1.104 pekerja yang dirumahkan. Dari jumlah itu 683 orang diantaranya adalah warga Kota Batu. Sedangkan 421 orang sisanya merupakan warga luar Kota Batu. Diketahui sebagian besar pekerja yang dirumahkan bekerja di sektor industri pariwisata. Saat ini para pekerja yang dirumahkan telah didata untuk diberi bantuan sosial. Ia menerangkan pekerja yang menerima bansos hanya warga Kota Batu sebanyak 486 orang dari total 683 orang pekerja di sektor pariwisata.

“Tapi dari jumlah itu tidak semua lolos verifikasi untuk memperoleh bansos. Yang tidak lolos verifikasi karena bukan warga Kota Batu dan sebagian telah menerima bansos reguler lainnya,” kata Muji.

Penyaluran BSU yang diampu Kemenaker ini diatur dalam Peraturan Menaker   yang menetapkan pedoman pemberian bantuan pemerintah berupa subsidi upah/upah bagi pekerja buruh dalam penanganan dampak Covid-19 dan PPKM Tahun 2021.

BSU ini bagian dari program pemulihan ekonomi nasional (PEN) yang digaungkan pemerintah agar dapat meningkatkan daya beli masyarakat. Serta untuk mencegah pengusaha memutuskan hubungan kerja dengan pekerjanya, termasuk membantu pekerja yang dirumahkan. (wok/wan)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Nusa Magz Edisi 46

BERITA POPULAR

- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com

Istri Selingkuh, Suami Bawa Alat Berat Hancurkan Rumah😱##tiktokberita

♬ kau curangi cintaku - Milan indramayu