Sabtu, September 25, 2021
BerandaNewsKompleks Manggala Wanabakti KLHK Kini Dilengkapi Fasilitas Layanan Medis untuk Test Covid-19

Kompleks Manggala Wanabakti KLHK Kini Dilengkapi Fasilitas Layanan Medis untuk Test Covid-19

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Kompleks Gedung Manggala Wanabakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) kini mempunyai fasilitas layanan medis untuk test Covid-19.

Layanan tersebut adalah drive-thru dan walk-in test covid-19 yang berdiri di lahan parkir seluas 400 m2, dan diperuntukan tidak hanya karyawan, namun juga terbuka bagi masyarakat umum yang ingin melakukan test Covid-19.

Fasilitas layanan itu merupakan hasil kerja sama antara Koperasi Karyawan KLHK, PT Keia Lestari Indonesia (PT.KLI) dan Intibios Laboratorium & Klinik, adapun pelayanan yang disiapkan adalah test Swab Antigen dan Swab PCR dengan tarif layanan yang ditetapkan.

Sekretaris Jenderal KLHK, Bambang Hendroyono mewakili Menteri LHK saat meresmikan fasilitas tersebut Rabu (4/8/2021) menyampaikan bahwa keberadaan fasilitas ini diharapkan dapat bermanfaat bagi karyawan di Manggala Wanabakti dan masyarakat umum, serta dapat mendukung program pemerintah dalam penanganan Covid-19.

“Dalam kompleks ini kita telah punya Arborea Cafe yang cukup dikenal oleh kalangan milenial, dan hari ini kita menambah satu fasilitas lagi yaitu Laboratorium Klinik untuk Test Covid-19, dan Ibu Menteri LHK menamakan fasilitas ini Arborea Medika. Kedepannya, fasilitas laboratorium ini dapat dikembangkan bersama poliklinik kita untuk tidak hanya menjadi tempat tes Covid-19 saja, namun menjadi fasilitas layanan kesehatan yang profesional,” jelas Bambang.

BACA JUGA: Mlijo di Kota Malang Wajib Terima Pesan Antar

Masih kata Bambang, bahwa sejak bulan Maret 2020 Tim Covid-19 lingkup KLHK telah dan sedang bekerja.

“Sesuai arahan Menteri LHK, salah satu program Tim Covid-19 adalah Satu Jaga Satu (SJS). Dengan adanya fasilitas ini tentunya akan lebih memudahkan karyawan KLHK yang berkantor di Manggala Wanabakti untuk test Covid-19”, tambah Bambang.yang ditugaskan Menteri LHK sebagai penanggung jawab Tim Covid-19.

Di tempat yang sama, Kepala Biro Umum KLHK, Samidi yang juga selaku Ketua Koperasi Karyawan KLHK, melaporkan hal terkait dengan penanganan Covid-19 di lingkup KLHK.

Dirinya juga menyampaikan bahwa saat ini telah diintensifkan implementasi “Satu Jaga Satu”, dimana apabila terdapat karyawan KLHK yang terkena Covid-19, maka akan didampingi perkembangan kesehatannya dan kebutuhan sehari-hari oleh satu orang rekan kerjanya.

“Program vaksinasi untuk karyawan KLHK telah menjangkau sebanyak 4.813 karyawan KLHK, dan akan dilaksanakan kembali vaksinasi untuk sekitar 1.700-an karyawan pada tanggal 5-6 Agustus ini. Poliklinik KLHK juga telah menerima sumbangan 25 tabung oksigen dari para mitra untuk keperluan darurat bagi karyawan yang membutuhkan tabung oksigen dalam perawatannya,” papanya.

Sementara itu, Direktur Intibios Laboratorium Klinik, Rio Abdurrachman Podungge menyatakan bahwa lab ini adalah inisiasi kemanusian dari rekan-rekan pengusaha dan dokter. Sejak bulan Juni tahun lalu, mereka fokus untuk membantu masyarakat dalam mendapatkan layanan tes Covid-19.

“Kami mendekatkan lab kami ke masyarakat untuk memudahkan mereka tes dan memutus rantai tular Virus Covid-19, format drive-thru dan walk-in di tempat outdoor seperti ini menjadi prototipe yang bagus,” terang Rio.(sir/kal)

AnyFlip LightBox Embed Demo

BERITA POPULAR

- Advertisement -spot_img

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

berita khusus

The Legion Nutrition dan Amarta Hills Berkolaborasi Gelar Body Competition

NUSADAILY.COM - KOTA BATU - Produsen suplemen olahraga, The Legion Nutrition tak berhenti memberikan dukungannya di bidang olahraga. Kali ini mereka ambil bagian sebagai...