Kemenaker Siapkan Rancangan Empat Perppu UU Omnibus Law Cipta Kerja

  • Whatsapp
omnibus law
Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah Saat mengunjungi kediaman salah satu Pekerja yang Menerima Bantuan Langsung, Kamis 22 Oktober 2020. (Amanda/nusadaily.com)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – MALANG – Undang-Undang (UU) Omnibus Law Cipta Kerja masih menuai polemik di masyarakat. Untuk itu, Kementrian Ketenagakerjaan (Kemenaker) masih menyiapkan rancangan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) terkait hal tersebut.

“Kami masih menyiapkan empat poin Perppu dan sudah melalui proses pembahasan,” kata dia saat berkunjung ke Kota Malang, Kamis (22/10).

Baca Juga

Menurut Ida, UU Omnibus Law Cipta Kerja tersebut baru akan diberlakukan jika sudah ditandatangani oleh Presiden dalam waktu 30 hari kerja.

BACA JUGA: Demo Omnibus Law Kota Malang Damai, Aksi Teatrikal Sampai Salawat Nabi

“Untuk itu, kami rancang Perppu tersebut. Rancangan ini sebagai peraturan operasional dari UU Omnibus Law Cipta Kerja,” tandas dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, sejumlah mahasiswa dan buruh belakangan melakukan aksi unjuk rasa (unras) terkait UU Omnibuslaw Cipta Kerja. Bahkan, di Kota Malang, unras tersebut sempat ricuh pada putaran pertama pada Kamis, 8 Oktober 2020.

Atas aksi tersebut, pihak kepolisian telah menetapkan tiga orang tersangka atas kasus pengrusakan kendaraan dinas. Sampai saat ini, pihak kepolisian masih melakukan pengembangan lebih lanjut atas kasus tersebut.

Sementara, pada putaran kedua, Selasa 20 Oktober 2020 kemarin, aksi unras berlangsung damai. Sebab, sebelum aksi dimulai, pihak kepolisian dari Polresta Malang Kota telah melakukan penyisiran lokasi.

BACA JUGA: Empat Rancangan RPP Kemnaker Turunan UU Omnibus Law

Hasilnya, ada 56 orang yang diamankan dan sebagian adalah pelajar yang diindikasi akan mengikuti aksi unjuk rasa yang menimbulkan kerusuhan.

Namun, setelah dilakukan penyelidikan lebih dalam, 56 orang tersebut hanya sekadar ingin melihat aksi unras dan tidak ada indikasi yang mengarah kekerasan. Sehingga, mereka dipersilahkan untuk pulang.(nda/lna)

Post Terkait

banner 468x60