Senin, September 26, 2022
BerandaNewsKejar Target, Dinkes Kota Batu Gelar Gebyar Vaksin Lansia

Kejar Target, Dinkes Kota Batu Gelar Gebyar Vaksin Lansia

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

NUSADAILY.COM-KOTA BATU– Dinkes Kota Batu mematok jatah vaksinasi kepada 14443 lansia. Program ini masih jauh dari target baru 21,21 persen atau 3064 lansia yang dijangkau vaksin.

Dinas Kesehatan Kota Batu berupaya mengejar target penuntasan vaksin kepada kelompok rentan itu. Gebyar Vaksinasi Lansia akan digelar pada 29 Mei nanti bertepatan dengan Hari Lansia Nasional.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Batu, dr Susana Indahwati membandingkan timpangnya jangkauan vaksinasi lansia dengan kelompok pelayanan publik dan tenaga kesehatan. Kelompok pelayanan publik sudah mencapai 111 persen dari target 9007 orang. Sedangkan untuk tenaga kesehatan sudah mencakup sebanyak 105 persen dari target 1662 nakes.

“Maka kami akan mengundang lansia sebanyak-banyak. Untuk menggencarkan vaksinasi kepada mereka di Hari Lansia Nasional,” kata Susan.

Menurut dia, masih rendahnya cakupan vaksinasi lansia dikarenakan banyaknya informasi miring yang beredar. Sehingga, mereka ragu untuk ikut melakukan vaksinasi. Maka dari itu, sangat diperlukan untuk menggerakan dan meningkatkan kepercayaan lansia terhadap vaksinasi.

Apalagi lansia merupakan kelompok orang yang masuk dalam resiko tinggi penularan Covid-19 dan sangat rentan dengan kematian. “Sejatinya vaksinasi lansia ini bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan serta penguatan daya tahan tubuh lansia. Sehingga mereka lebih kebal terhadap bahaya Covid-19,“ imbuh dia.

Gebyar Vaksinasi Lansia akan digelar di tujuh tempat. Yakni lima Puskesmas yang ada di Kota Batu, di antaranya Puskesmas Batu, Sisir, Bumiaji, Beji dan Junrejo. Serta dua ruang publik di umum Lippo Plaza dan Hotel El Royal Kartika Wijaya.

“Untuk total dosis vaksin yang kami sediakan ada sebanyak 1350 dosis. Nanti total dosis itu akan dibagi. Setiap Puskesmas akan mendapatkan kuota vaksin sebanyak 150 dosis sedangkan untuk tempat umum mendapatkan kuota 300 dosis vaksin,” jelas Susan.

Untuk mensukseskan gebyar vaksinasi itu, pihaknya telah berkoordinasi, mulai dari tingkat kecamatan, desa/kelurahan hingga RT/RW yang ada di Kota Batu, untuk turut serta mensosialisasikan hal tersebut.

Yang Ingin Ikut Bisa Daftar Dulu

Lebih lanjut, Susan juga menjelaskan, untuk lansia Kota Batu yang ingin mengikuti vaksinasi bisa mendaftarkan terlebih dahulu melalui link yang telah disediakan. Yakni https:/cutt.ly/6b9T0MV. Sedangkan jika ada lansia yang belum sempat mendaftar. Bisa datang langsung ke lokasi vaksinasi. Namun harus menunggu terlebih dahulu ketersediaan vaksin.

Di sisi lain, pihaknya juga mengimbau, untuk masyarakat agar bisa berperan aktif dalam program vaksinasi ini. Oleh sebab itu, jika ada satu orang usia produktif dan bisa membawa dua lansia untuk divaksinasi. Maka dirinya bisa turut serta untuk dilakukan vaksinasi.

“Usia produktif itu mulai dari 18-59 tahun. Jika orang tersebut bisa membawa dua lansia. Secara otomatis orang itu akan turut mendapatkan vaksinasi gratis sebagai hadiah,” ujar Susan.

Lebih lanjut, untuk vaksin yang akan digunakan dalam gebyar vaksinasi lansia itu adalah vaksin buatan Sinovac. Di mana Kota Batu baru saja kedatangan sebanyak 2300 dosis vaksin buatan Sinovac pada Kamis, 20 Mei

“Untuk jenis vaksin yang digunakan kami tidak memilih. Karena yang tersedia saat ini vaksin Sinovac maka itu yang akan kami gunakan. Yang jelas antara vaksin Sinovac dan Astrazeneca keduanya sama-sama aman,” tandasnya.(wok/aka)

BERITA KHUSUS

Unipma Lakukan Pengabdian Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Digitalisasi Pasar Desa Klumutan Saradan Madiun

NUSADAILY.COM – MADIUN - Kemiskinan merupakan salah satu permasalahan yang saat ini dihadapi oleh sebagian besar masyarakat kita, khususnya masyarakat yang tinggal di pedesaan....

BERITA TERBARU

4 ABG Perkosa Gadis 13 Tahun di Hutan Kota Jakut, KemenPPPA: Pelaku Sering Akses Situs Dewasa

NUSADAILY.COM - JAKARTA - 4 ABG melakukan aksi bejat dengan memperkosa gadis berusia 13 tahun di Hutan Kota Jakarta Utara (Jakut). Keempat pelaku diketahui...