Senin, September 20, 2021
BerandaNewsKehabisan Akal Bertahan, Pusat Perbelanjaan Potensi PHK Karyawan

Kehabisan Akal Bertahan, Pusat Perbelanjaan Potensi PHK Karyawan

NUSADAILY.COM-KOTA BATU– Pusat perbelanjaan kehabisan cara bertahan di tengah himpitan akibat pemberlakuan pembatasan mobilitas masyarakat. Sejak PPKM darurat hingga perpanjangan PPKM level 4, pusat perbelanjaan dilarang beroperasi.

Selama satu bulan penuh Lippo Plaza Batu kehilangan pendapatan imbas dari kebijakan PPKM. Pihak manajemen pun bersiasat memotong 50 persen upah karyawan. Strategi itu tak cukup membantu, potensi pemutusan hubungan kerja (PHK) pun makin mendekat jika PPKM level 4 kembali diperpanjang.

Direktur Lippo Plaza Batu, Suwanto mengatakan, keterpurukan laju perekonomian, membawa dampak negatif terhadap likuiditas perusahaan. Sehingga kehabisan akal untuk mempertahankan usahanya. Jika kondisi ini terus berlajut, maka kesejahteraan karyawan dipertaruhkan.

“Sejauh ini kami belum ada rencana PHK, tapi kalau PPKM terus diperpanjang lagi bisa jadi. Karena kami tidak ada pemasukan, kami bisa terus menggerus modal kalau terus diperpanjang,” ujar Suwanto dilansir Nusadaily.com.

Sejak awal PPKM darurat digulirkan, 350 karyawan hanya melakukan perawatan dan pembersihan fasilitas mall. Jam kerja digilir 50 persen dari total. Kerap kali pekerja menyampaikan keluhannnya. Namun mereka hanya bisa pasrah menjalani situasi berat. Terus menipisnya kondisi keuangan Lippo Plaza Mall Batu membuatnya berharap PPKM Level 4 tidak  diperpanjang lagi. 

“Kami memang sama sama mengalami hal yang berat, tapi ya kita pasrah. Kalau terus terusan diperpanjang, kita mau ada pemasukan dari mana. Harapannya, PPKM tidak diperpanjang agar tak ada PHK bagi karyawan ini,” papar dia.

Sementara itu, pihaknya mengaku belum menerima informasi realisasi bantuan yang yang diberikan kepada karyawan Lippo Plaza Mall Batu. Untuk itu, pihaknya akan melakukan koordinasi lagi terkait hal tersebut. “Kita lihat nanti, tapi harapannya kami disupport minimal pajak pajaknya, pajak parkir, reklame, PBB dan lainnya,” ungkapnya. (wok/wan)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

AnyFlip LightBox Embed Demo

popular minggu ini

- Advertisement -spot_img

BERITA TERBARU

berita khusus

Pemkot Malang Alokasikan Dana Cukai Hasil Tembakau untuk Jaminan Kesehatan

NUSADAILY.COM - MALANG - Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Kesehatan memanfaatkan Dana Bagi Hasil (DBH) Cukai Hasil Tembakau (CHT) untuk program pemenuhan dan penyediaan...