Jumat, Agustus 12, 2022
BerandaNewsJokowi Usul Ganti Libur Lebaran Sebagai Langkah Pengendalian Arus Mudik

Jokowi Usul Ganti Libur Lebaran Sebagai Langkah Pengendalian Arus Mudik

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengusulkan penggantian hari libur nasional hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah. Langkah tersebut sebagai salah satu upaya dalam mengendalikan arus mudik Lebaran nanti.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Menurut Jokowi, pengendalian arus mudik Lebaran menjadi penting, mengingat pergerakan orang bisa menjadi potensi penyebaran virus corona (Covid-19).

“Mungkin bisa dibicarakan memberikan fasilitas mudik pada hari pengganti tersebut, dan mungkin di kemudian hari bisa,” kata Jokowi saat membuka rapat terbatas melalui video conference di Istana Bogor, Kamis 2 April 2020.

Lebih lanjut, Jokowi meminta skenario yang komprehensif terkait pembahasan arus mudik. Diharapkan kebijakan yang dihasilkan tidak bersifat sektoral, tetapi menyentuh hulu, sisi pertengahan, juga hilir.

Oleh karena itu, pemberian bantuan sosial dan stimulus ekonomi dapat dimanfaatkan warga di hulu DKI Jakarta untuk bertahan. Sehingga dapat memilih menetap dan tidak melakukan mudik.

Maka perlu di perhatikan, pekerja harian dan sektor informal memang menjadi perhatian dalam mudik. Pasalnya penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membuat kedua sektor tersebut kehilangan pendapatan.

“DKI sudah menyampaikan Rp 3,6 juta perlu dimasukkan ke dalam jaring pengaman sosial, dan yang sudah diberikan oleh Provinsi DKI Jakarta Rp 1,1 juta, tinggal Rp 2,5 juta yang perlu segera kita siapkan untuk dieksekusi di lapangan,” paparnya.

Selain itu, pembatasan pergerakan orang juga menjadi pembahasan disamping peningkatan penjagaan jarak aman. Peningkatan pengawasan dan pengendalian di daerah, terutama desa juga bisa digerakkan.

Untuk itu, pemudik bisa masuk dalam pemantauan daerah. Jokowi juga menambahkan bahwa dana desa bisa digunakan untuk jaring pengaman sosial di desa.(via)

BERITA KHUSUS

Dok! Seluruh Fraksi di DPRD Ponorogo Setujui Perubahan SOTK Satpol PP dan RSUD

NUSADAILY.COM - PONOROGO - Usulan Raperda Perubahan kedua atas Perda No.6 Tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah untuk OPD Satpol PP yang...

BERITA TERBARU

Soal Gejala Lansia Suspek Cacar Monyet, Dinkes: Muncul Bintil-Demam

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Dinas Kesehatan Kota Cilegon mengatakan pasien lansia yang diduga terpapar cacar monyet sempat mengalami bintil di ketiak hingga demam. Kepala Dinkes Kota Cilegon,...