Sabtu, November 27, 2021

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsJatimWNA Asal Tiongkok Serbu Surabaya dan Malang

WNA Asal Tiongkok Serbu Surabaya dan Malang

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – SURABAYA – Masuknya Warga Negara Asing (WNA) ke Indonesia, khususnya ke Provinsi Jawa Timur akhir-akhir ini semakin membludak. Bagaimana tidak, berdasar data yang diperoleh, dominasi WNA asal Tiongkok mulai menjamuri Surabaya dan Malang.
 
Saat dimintai keterangan, Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim, Krismono membenarkan hal tersebut. Ia menyebut bahwa gelombang WNA terbesar adalah berasal dari Tiongkok, dan yang kedua adalah WNA asal Afghanistan.
 
Menurut data yang dihimpun dari Kemenkumham Jatim, tercatat sekitar 7.909 orang asing yang secara keseluruhan tersebar menghuni beberapa daerah di Jawa Timur saat ini. Dari data tersebut mereka berasal dari berbagai dari di Asia Tenggara, seperti China, Singapura, Malaysia dan lain sebagainya.
 
“Paling banyak di daerah Surabaya dan Malang,” kata Krismono dalam keterangan tertulis.
 
Krismono menyebutkan bahwa di Jawa Timur WNA asal Tiongkok sekitar 1.409 orang, yang kedua adalah Malaysia dengan 831 orang dan yang terakhir Korea Selatan sekitar 534 orang. Keberadaan mereka yang ada di Jatim memiliki beragam ijin. Baik Ijin Tinggal Terbatas (ITAS), ijin Tinggal Kunjunham (ITK), dan Ijin Tinggal Tetap (ITAP).
 
Lebih lanjut, perlakuan, perhatian, serta pengawasan khusus oleh Kemenkumham jatim oleh WNA asal Afghanistan menjadi hal fokus yang diberikan Jatim. Hal tersebut dikarenakan situaai Timur Tengah yang masih belum kondusif.
 
“Ketika mencari suaka ke Australia, rata-rata mereka terdampar usai ditolak,” ujarnya.
 
Kepala Kemenkumham Jatim tersebut saat akhir keterangannya menambahkan jika pihaknya juga telah menerapkan selective policy dan pengawasan keimigrasian bagi WNA.
 
“Izin hanya diberikan terhadap orang asing yang dapat memberikan manfaat bagi kesejahteraan rakyat Indonesia,” pungkasnya. (jar/kal)

- Advertisement -spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img

BERITA POPULAR