Kamis, Oktober 21, 2021
BerandaNewsJatimWakapolda Jatim Turun ke Malang, Cegah Penyebaran Kluster COVID-19

Wakapolda Jatim Turun ke Malang, Cegah Penyebaran Kluster COVID-19

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM-MALANG- Wakapolda Jatim, Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo mendatangi Pos Pelayanan Graha Kencana, Kota Malang, Minggu (27/12/2020). Dalam kunjungan tersebut, ia memastikan kesiapan pasukan dalam melaksanakan Operasi Lilin 2020. Sekaligus mencegah adanya klaster baru penyebaran COVID-19 dalam momen liburan panjang Natal dan Tahun Baru (Nataru).

BACA JUGA: Kayuh Becak, Wali Kota Malang Sutiaji Resmikan Hasil Program Bedah Warung – Noktahmerah.com

BACA JUGA: Banjir di Kayutangan Heritage, Ini Tanggapan Wali Kota Malang Sutiaji – Imperiumdaily.com

BACA JUGA: Hotel Kota Malang Sediakan Layanan Rapid Test, Patuhi Protokol – Nusadaily.com

“Sampai hari ini, pandemi COVID-19 belum selesai. Kami tidak ingin di momen liburan panjang ini timbul klaster baru penyebaran COVID-19,” terang Slamet di Malang.

Untuk itu, ia meminta anggota TNI/Polri beserta Pemerintah Daerah (Pemda) di Malang, stakeholder dan seluruh elemen masyarakat untuk memegang komitmen tersebut.

“Dengan adanya komitmen ini, kami melakukan antisipasi agar tidak muncul klaster baru, khususnya di Kota Malang,” papar dia.

Salah satunya, dengan menggencarkan Operasi Yustisi, untuk mendisiplinkan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan. Yakni menggunakan masker mencuci tangan dan menjaga jarak di Malang.

“Jika ada kerumunan massa, tetap lakukan Operasi Yustisi bersama dengan Satpol PP dan stakeholder di sejumlah titik yang berpotensi ada kerumunan massa,” jelas Wakapolda Jatim di Malang.

Termasuk bagi para wisatawan yang hendak menginap di hotel atau penginapan sejenis. Mereka harus menyertakan surat hasil rapid test antibodi yang dinyatakan non reaktif atau rapid test antigen negatif sesuai dengan surat edaran (SE) Walikota Malang Nomor 34.

Hotel Ikuti SE Wali Kota Malang

“Bagi penginapan dan hotel di Malang, harus melengkapi persyaratan itu. Ini komitmen kami. Apa yang dilakukan oleh TNI/Polri, pemerintah daerah dan elemen masyarakat lainnya ini semata-mata untuk mencegah jangan sampai ada klaster baru covid-19,” pungkas dia.

Sementara itu, Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata menambahkan, jelang liburan Tahun Baru nanti, pihaknya tidak akan melakukan penutupan jalan di wilayah Kota Malang. Namun, ia tetap mengimbau masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Tidak ada penutupan jalan. Kami mengimbau masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” kata dia di Malang.

Selain itu, pihak kepolisian juga akan melakukan pantauan keamanan serta Operasi Yustisi di Malang.

“Operasi yustisi tetap dilakukan lima kali dalam sehari, itu belum termasuk yang di setiap kecamatan. Operasi penertiban protokol kesehatan, karena kita tidak mau ambil resiko ada penambahan kluster baru di momen Nataru ini,” terang dia terkait operasi di Malang.

Bahkan, polisi juga tidak akan segan membubarkan kegiatan yang melibatkan kerumunan massa di Malang.

“Kami tidak akan ragu untuk membubarkan segala macam kegiatan yang sifatnya pengumpulan massa,” tegas dia di Malang.(nda/cak)

- Advertisement -spot_img
Nusa Magz Edisi 46

BERITA POPULAR

- Advertisement -spot_img

BERITA KHUSUS

@nusadaily.com

Akhir-akhir ini Kota Malang panas banget nih, ngadem dulu yuk🍦🍦 ##tiktoktaiment

♬ Happy Ukulele - VensAdamsAudio

LIFESTYLE

Polda Metro Periksa Rachel Vennya Hari Ini

0
NUSADAILY.COM - JAKARTA - Penyidik Polda Metro Jaya berencana memeriksa ​selebgram Rachel Vennya terkait dugaan kabur dari isolasi di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet...