Kamis, Juni 30, 2022
BerandaNewsJatimVideo Pengakuan Nurhasan Guru Spiritual Tragedi Maut Pantai Payangan: Mau Ikut Atau...

Video Pengakuan Nurhasan Guru Spiritual Tragedi Maut Pantai Payangan: Mau Ikut Atau Tidak, Saya Tidak Memaksa

NUSADAIY.COM – JEMBER – Nurhasan, guru spiritual Tunggal Jati Nusantara memberi sejumlah pengakuan saat diperiksa polisi, Selasa, 15 Februari 2022.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Pengakuan tersebut berkaitan dengan aktivitas ritual bernuansa klenik bersama puluhan pengikutnya yang berujung kematian 11 orang di Pantai Payangan, Desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu pada Minggu 13 Februari 2022 lalu.

Nurhasan mengaku ketika itu dirinya menawarkan untuk pergi secara bersama-sama ke Pantai Payangan dengan menumpang kendaraan roda empat.

BACA JUGA: Profil Tunggal Jati Nusantara, Kelompok Ritual Tewaskan 11 Anggota di Pantai Payangan

“Saya bilang: Bagaimana kalau malam minggu? Setuju atau tidak?,” ujarnya mengulang perkataannya kepada anggota ritual.

Ide Nurhasan disetujui. Selanjutnya, dibahas mengenai pendanaan atau biaya untuk transportasi maupun konsumsi selama menjalani ritual.

“Ya sudah, kalau begitu berapa iurannya? Sekiranya anak-anak mampu, tidak ada paksaan. Mau ikut iya, ndak ikut iya. Saya tidak memaksa. Jadi, ayo yang enak Rp20 ribu-an Cak. Semuanya sepakat,” beber Nurhasan.

BACA JUGA: Hendak Melakukan Ritual, Puluhan Orang Terseret Ombak Pantai Payangan Jember

Diketahui, Nurhasan dan rombongannya menumpang kendaraan jenis elf, avanza, dan mobil lainnya. Peserta ritual mulai lelaki dan perempuan dewasa hingga beberapa anak-anak.

Sebanyak 23 orang berendam di laut bersama Nurhasan sejak tengah malam sampai dini hari. Mereka sempat ditegur oleh Saladin, juru kunci makam Mbah Pati Ulung yang di puncak Bukit Semboja.

Sebab, Saladin merasa tindakan mereka berbahaya. Kondisi laut di Pantai Payangan kerap tidak terduga dengan ombak besarnya.

BACA JUGA: Guru Spiritual Tunggal Jati Nusantara Konon Belajar di Madura Warisi Ilmu Gaib Leluhurnya

Namun, peringatan dan teguran tersebut tidak digubris. Nurhasan maupun para pengikutnya tetap menjalani ritual berendam di lautan.

Jelang subuh, terdengar oleh warga jeritan histeris berkali-kali yang suaranya bersumber dari tempat ritual.

Warga kemudian mendatangi sumber suara, dan ternyata melihat Nurhasan serta puluhan orang pengikutnya dihempas ombak.

Beberapa waktu kemudian pertolongan datang dari petugas keamanan dan Tim SAR. Upaya pencarian menemukan 11 orang tewas dalam kondisi mengambang, dan satu orang terjepit karang.

Polisi memeriksa Nurhasan untuk ditentukan sebagai tersangka atau tidak karena harus bertanggung jawab dalam kasus memilukan itu. Nurhasan dimintai keterangan untuk melengkapi kesaksian dari 18 orang yang sudah diperiksa sebelumnya oleh polisi.

BACA JUGA: Saksi Hidup Ritual Maut di Pantai Payangan Jember: Kami Dihantam Ombak Dua Kali

“Kami memaksimalkan pemeriksaan 1X24 jam, dan kemudian gelar perkara untuk menentukan siapa bertanggung jawab kasus yang kami selidiki dalam perkara 11 orang meninggal dunia di Pantai Payangan,” terang Kasat Reskrim Polres Jember AKP Komang Yogi Arya Wiguna.

Menurut Komang, penyidik hendak menanyakan kepada Nurhasan seputar latar belakang ritual yang dilakukan kelompok Tunggal Jati Nusantara berendam di laut hingga terjadi peristiwa tragis pada Minggu, 13 Februari 2022 dini hari lalu.

BACA JUGA: 11 Jenazah Korban Ritual Maut Pantai Payangan Ditemukan Mengambang dan Terjepit Karang

“Pendalaman untuk ditanyakan siapa yang menginisiasi ritual di Payangan? Tujuannya apa? Apakah NH (Nurhasan) menyarankan jamaah melakukan ritual ke Payangan? Apa saja motif kegiatan tersebut? Dan dimana saja ritualnya selain di Payangan? Intinya itu yang ditanyakan,” ulas Komang. (sut/lna)

Video Nurhasan Guru Spiritual Tragedi Maut Pantai Payangan

BERITA KHUSUS

Kabar Gembira! Internet Gratis Masuk RW, Wali Kota Pasuruan: Ada 68 Titik

NUSADAILY.COM – KOTA PASURUAN – Warga Kota Pasuruan kini semakin dimanjakan dengan layanan internet gratis. Tidak hanya sebatas pada ruang publik, seperti taman-taman kota,...

BERITA TERBARU

Transfer Lewandowski ke Barcelona Belum Juga Deal, karena Kendala Ini

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Barcelona belum juga mampu mewujudkan transfer Robert Lewandowski. Barcelona meminta Lewandowski bersabar karena mereka masih terus mengusahakan kepindahannya. Barcelona menjadikan Lewandowski...