Senin, September 27, 2021
BerandaNewsJatimTerapi Nonmedis Pasien Covid-19, Dua Nakes Mojokerto Ajak Joget "Jaran Kepang"

Terapi Nonmedis Pasien Covid-19, Dua Nakes Mojokerto Ajak Joget “Jaran Kepang”

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – MOJOKERTO – Berbagai upaya tenaga kesehatan (nakes) untuk menyembuhkan pasien Covid-19 terus dilakukan, baik secara medis ataupun nonmedis. Salah satunya, terlihat dua orang menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) berjoget ala “Jaran Kepang” di sebuah teras bangunan.

Dalam video yang beredar di media sosial whatsapp salah satu nakes yang menggunakan baju APD berwarna biru terlihat berjoget ria sembari menggunakan media jaran kepang. Lengkap dengan cambuknya.

Sedangkan, satu nakes yang menggunakan APD berwarna putih memakai topeng Ganongan khas tarian jaran kepang berjoget dengan asiknya. Sembari terus mengajak pasien untuk mengikuti gerakan yang dikomandonya.

Namun, kali ini musik yang digunakan bukan lagi dari seperangkat Gamelan yang terdiri dari Gong, Bonang (Kenong), Saron dan Kendang. Melainkan, alunan musik dangdut koplo yang semakin membuat pasien Covid-19 berjoget riang.

Dari penelusuran Nusadaily.com, Senin, 2 Agustus 2021 video menghibur tersebut berasal dari Tim The Green House Puri, di Puskesmas Puri, Kabupaten Mojokerto.

Kepala Puskesmas dr Retno Dhanarwarih mengakui, video berdurasi 3 menit 26 detik merupakan hasil rekaman dari salah satu nakesnya yang memang bertugas mendokumentasikan aktivitas pasien Covid-19 selama menjalani isolasi.

Dirinya mengatakan semua ide konten dalam video itu berasal dari nakesnya. Dimana sebelumnya kedua nakes tersebut pernah berdinas di rumah isolasi Puskesmas Gondang.

“Semua ide memang dari nakes kami. Jebolan dari Puskesmas Gondang. Mereka ini pintar berinovasi dalam menambah imun,” ucapnya saat dikonfirmasi.

Video Olahraga Sering Diunggah di Akun Tiktok

Unggahan video yang berisikan aktivitas olahraga unik di pagi hari ini rupanya tak sekali ini mereka dokumentasikan. Bahkan, belasan video lainnya sudah seringkali diunggah di akun tiktok sejak dijadikannya Puskesmas Puri menjadi rumah isolasi bulan Juni 2021.

“Bikin video senam, dan joget-joget itu sebenarnya sejak awal bulan Juni lalu. Niatnya cuman buat hiburan dan kenang-kenangan warga yang pernah isolasi di sini,” bebernya.

Terkait, kegiatan olahraga bersama pasien Covid-19 yang dilaksanakan setiap pagi ini, Retno menyebutkan, dilakukan semata-mata untuk menghilangkan kebosanan. Agar selalu bahagia, tingkat imunitas tubuh seseorang menjadi naik, dan akhirnya memiliki hasil negatif Covid-19.

“Kesembuhan tergantung imunitas dia (pasien Covid-19), kalau selalu positif thinking, gak ada komorbid ya insyaallah bisa cepat sembuh. Kurang lebih tujuh hari bisa sembuh. Insyaallah kalau sudah tujuh hari di swab negatif bisa dilanjutkan isolasi dirumah tiga hari,” tukasnya.

Tercatat sejak 23 Juni 2021 hingga kini, sudah 97 orang yang menjalani isolasi di rumah isolasi The Green House Puri yang menyediakan 21 tempat tidur untuk pasien yang terpapar Covid-19.

Sementara, Anang Kusdiyanto nakes yang memiliki inovasi senam ala “Jaran Kepang” ini mengatakan alasan mengapa dirinya nekat melakukan inovasi-inovasi unik dalam menghibur pasien Covid-19 selama isolasi.

Lantaran, saat dirinya menjadi nakes di Puskesmas Gondang mendapati salah satu pasien isolasinya tak kunjung memiliki hasil swab negatif. Anang pun berputar otak dan miliki inisiatif untuk membuat pasiennya tak stres dengan mengajak mereka berjoget bersama-sama.

“Kami cari tahu kenapa, mungkin stres dan bamyak pikiran. Akhirnya saya dan teman Mas Saiful berupaya bagaimana membuat pasien yang tak kunjung negatif. Nekatlah akhirnya mengajak mereka senam sambil joget. Terus barulah di Puri ini pakai alat-alat, ternyata kesembuhan lebih cepat hampir 90 persen,” tukasnya.(din/aka)

AnyFlip LightBox Embed Demo

BERITA POPULAR

- Advertisement -spot_img

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

berita khusus

The Legion Nutrition dan Amarta Hills Berkolaborasi Gelar Body Competition

NUSADAILY.COM - KOTA BATU - Produsen suplemen olahraga, The Legion Nutrition tak berhenti memberikan dukungannya di bidang olahraga. Kali ini mereka ambil bagian sebagai...