Senin, Oktober 18, 2021
BerandaNewsJatimSegera Tukarkan Suket Anda! Blanko e-KTP di Probolinggo Sudah Tersedia

Segera Tukarkan Suket Anda! Blanko e-KTP di Probolinggo Sudah Tersedia

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – PROBOLINGGO – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Probolinggo mulai menuntaskan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) sebanyak 16.000 blanko sudah tersedia bagi warga pemegang Surat Keterangan (Suket).

Hal tersebut menjadi kabar gembira bagi pemohon e-KTP yang masih menggunakan Suket. Sebab, pemegang suket di Kabupaten Probolinggo cukup lama, ada yang sampai 6 bulan bahkan ada yang sampai 1 tahun karena stok blanko yang minim.

Kebenaran hal itu, disampaikan Kepala Dispendukcapil Kabupaten Probolinggo Slamet Riyadi. Sebanyak 16.000 blanko e-KTP sudah ia sediakan.

Jumlah tersebut sesuai dengan data pemegang suket, dan blanko sudah diperoleh dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI. Bahkan sejak Jumat, 28 Februari 2020 lalu sudah mulai didistribusikan.

“Mulai Jumat kemarin sudah mulai kita cetak, kita kan punya data-data pemegang suket. Jadi ketika mau tuker dengan e-KTP, tinggal ambil saja,” kata Slamet melalui sambungan seluler Minggu, 1 Maret 2020.

Guna mempercepat pendistribusian, pada Sabtu, 29 Februari 2020 Dispendukcapil sampai lembur. Hingga kini, sudah tersisa 12.000 blanko sedangkan sisanya sudah mulai dicetak.

“Kita kan punya delapan mesin cetak, ribuan e-KTP sudah kami cetak untuk Kecamatan Sumberasih, Banyuanyar dan Kraksaan. Senin sudah bisa diambil,” lanjut Slamet.

Dalam sehari mesin blanko bisa mencetak sampai 300 blanko. Lebih dari itu, pihaknya meminta hati-hati dalam penggunaan mesin agar tidak cepat rusak.

Nantinya, blanko yang sudah tercetak akan dipilah sesuai data pemegang suket per desa di tiap Kecamatan. Ia menargetkan satu minggu kedepan 16.000 blanko sudah terdistribusikan semua.

“Warga bisa ambil di kantor Dispendukcapil, atau nanti ke Kecamatan yang sudah tersedia mesin untuk cetak blanko e-KTP. Oleh karena itu, kami mohon warga bisa datang untuk segera menukarkan suketnya dengan blanko e-KTP,” tandasnya.

Bagi warga yang suketnya hilang atau rusak, bisa membawa foto copi kartu keluarga (KK). (ras)

- Advertisement -spot_img

BERITA POPULAR

AnyFlip LightBox Embed Demo

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

berita khusus

Meski Usia Baru Seumur Jagung, Kota Batu Bertabur Prestasi

NUSADAILY.COM - KOTA BATU - Kota Batu masih berusia relatif muda dibandingkan daerah-daerah lainnya di Jawa Timur. Tepat di hari ini, Minggu (17/10), kota...