Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaNewsJatimRumah Warga Lumajang Bakal Disulap Jadi Penginapan Atlet Porprov Jatim

Rumah Warga Lumajang Bakal Disulap Jadi Penginapan Atlet Porprov Jatim

NUSADAILY.COM – LUMAJANG – Pemkab Lumajang berencana ‘menyulap’ rumah warga di sekitar venue cabang olahraga yang dilombakan dalam Porprov Jatim 2022.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Seperti diketahui, Lumajang didapuk sebagai salah satu tuan rumah gelaran Porprov Jatim 2022 bersama Kabupaten Jember, Bondowoso  dan Situbondo.

Diperkirakan 25 ribu tamu akan datang ke Lumajang dari berbagai kota di Jawa Timur dalam gelaran Porprov Jatim Juni mendatang. Terdiri dari atlet, pelatih, official, hingga tim medis.

BACA JUGA: Dinas Cipta Karya Jember Buka Tender Rp10 Miliar untuk Venue Porprov Jatim 2022

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lumajang Yuli Harismawati mengatakan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan kecamatan untuk menyediakan penginapan tambahan dari rumah warga.

Pasalnya, ketersediaan jumlah penginapan di Lumajang, diakui Yuli belum bisa mengcover banyaknya tamu yang akan datang Juni mendatang.

“Kami berkoordinasi dengan sejumlah Camat. Kami minta mereka untuk mendata rumah-rumah warga yang berkenan untuk dijadikan homestay,” kata Yuli melalui sambungan telepon, Senin (7/3/2022).

BACA JUGA: KONI Bekasi Targetkan 200 Medali Emas Porprov 2022

Yuli menambahkan bahwa Dinas Pariwisata akan melakukan pendampingan kepada masyarakat untuk menyiapkan penginapan sesuai dengan standar kelayakan yang ditentukan.

“Nanti akan kami lakukan pendampingan terkait syarat dan standar penginapannya seperti apa,” tambahnya.

Lebih lanjut Yuli menuturkan, penempatan penginapan bagi kontingen yang akan berlomba akan disesuaikan dengan lokasi terdekat dari venue.

BACA JUGA: Hadapi Porprov, Kotim Beri Dana Pembinaan Rp100 Juta Tiap Kecamatan

“Misal, bila tamunya ini rombongan dari cabor sepatu roda, nanti akan ditempatkan di daerah Pasirian yang dekat dengan venue-nya di Gunung Tambuh,” ungkapnya.

Selain itu, menurut Yuli, gelaran Porprov tersebut juga menjadi momentum untuk mengenal potensi pariwisata yang dimiliki Lumajang.

BACA JUGA: Cek Kesiapan Jember Tuan Rumah Porprov 2022, Bupati Rakor dengan KONI Jatim

“Ini juga momentum untuk mengenalkan objek wisata yang kita miliki kepada masyarakat luar kota, dan ini perlu dimaksimalkan,” pungkasnya.(hud/lna)

BERITA KHUSUS

Dok! Seluruh Fraksi di DPRD Ponorogo Setujui Perubahan SOTK Satpol PP dan RSUD

NUSADAILY.COM - PONOROGO - Usulan Raperda Perubahan kedua atas Perda No.6 Tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah untuk OPD Satpol PP yang...

BERITA TERBARU

Kantongi Ganja, Pria Ini Diamankan Satnarkoba Polres Toba

NUSADAILY.COM - MEDAN - Sat Narkoba Polres Toba mengamankan pria berinisal MP dari salah satu kedai tuak yang terdapat didesa Ompu Raja Hutapea Timur...