Rabu, Januari 19, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsJatimPuluhan Warga Perumahan Tak Canggung Berjemur Bersama Aparat Kepolisian

Puluhan Warga Perumahan Tak Canggung Berjemur Bersama Aparat Kepolisian

NUSADAILY.COM – MOJOKERTO – Puluhan warga di salah satu Kawasan Tertib Physical Distancing, Perum Zian Istana Residence Desa Menanggal, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto kompak berjemur sejak pukul 09.00 WIB.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Tak lain aktivitas tersebut guna mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19) di wilayah hukum Polres Mojokerto, dengan penerapan belasan kawasan physical distancing.

Puluhan warga yang mayoritas didominasi wanita ini, langsung keluar rumah, dan berbaris di depan rumah masing-masing. Mereka langsung melakukan pemanasan, bersama Waka Polres Mojokerto, Kompol Dovid Triyo Prasojo.

Salah satu warga, Sutikno menjelaskan, warga  perumahan sudah rutin berjemur sejak dua minggu lalu.

“Sudah 10 hari sampai 15 hari, ini kesepakatan warga sehingga kita bisa rutin minimal tiap hari, satu jam. Mulai pukul 09.00 WIB. Kalau Sabtu-Minggu rutin kita lakukan,” ungkapnya, Sabtu 4 April 2020.

Ia dan puluhan warga lainnya sepakat untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di lingkungan perumahan dengan cara berjemur di bawah terik sinar matahari. Ini juga lantaran  Perumahan Zian Istana Residence merupakan salah satu Kawasan Tertib Physical Distancing di wilayah hukum Polres Mojokerto.

Kapolres Mojokerto, AKBP Feby DP Hutagalung melalui Waka Polres Mojokerto, Kompol Dovid Triyo Prasojo mengatakan, sebagaimana arahan dan petunjuk Kapolda Jawa Timur dan Kapolres Mojokerto di beberapa wilayah di Kabupaten Mojokerto saat ini sudah ditetapkan sebagai Kawasan Tertib Psysical Distancing. 

“Dimana beberapa kuncinya, kita minta masyarakat untuk stay at home. Di rumah saja, nggak usah kemana-mana kalau tidak terlalu penting. Jaga jarak, pola hidup sehat, pola hidup bersih. Selain dengan mencuci tangan dan higienitas, kita juga meminta warga jangan lupa asupan gizi yang baik,” tegas David usai berjemur bersama puluhan warga.

David juga meminta, agar warga tetap berolahraga, salah satunya yakni olahraga pagi dan berjemur seperti warga disini. Berdasarkan beberapa ahli menyatakan, lanjut Waka, jika sinar matahari pukul 09.00 WIB mengandung ultra violet B yang bagus untuk kulit dan menambah imunitas. 

“Atas dasar inilah, Bapak Kapolres Mojokerto meminta warga yang berada di Kawasan Tertib Psysical Distancing menjaga kesehatan kulit dan imun, dengan berjemur di bawah sinar matahari sekitar setengah jam lah. Disarankan kepada warga agar tidak jenuh di rumah, kita sarankan dilakukan seminggu tiga kalilah,” ujarnya. 

Sementara itu Kasat Binmas Polres Mojokerto, AKP Bambang Sujadmikodi, menambahkan, di wilayah hukum Polres Mojokerto sampai saat ini ada 15 Kawasan Tertib Psysical Distancing. Terdiri dari dua sasaran yakni komplek perumahan dan lingkungan. Serta empat ruas jalan yang dilakukan kegiatan Kawasan Tertib Psysical Distancing setiap hari Jum’at, Sabtu dan pagi hari setiap harinya.

“Pagi mulai pukul 10.00 WIB sampai pukul 14.00 WIB dan untuk malam hari pukul 19.00 WIB sampai pukul 23.00 WIB. Kawasan Tertib Psysical Distancing ini akan terus dikembangkan demi mencegah laju penyebaran virus corona terutama di wilayah hukum Polres Mojokerto,” tegasnya. 

Kawasan Tertib Psysical Distancing tak hanya ada di komplek perumahan, dan lingkungan serta ruas jalan, juga ada pemberdayaan masyarakat melalui poskamling di Desa Kutorejo, Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto. 

“Jadi ada satu kawasan di Desa Kutorejo melaksanakan Psysical Distancing. Cara kerjanya sama, warga di lingkungan tersebut yang melaksanakan termasuk pengaman dari warga. Baru satu poskamling di satu desa, dan juga ada penutupan jalur di hari dan jam yang sama,” urainya. 

Ia juga menambahkan, pihaknya terus mengarahkan seluruh jajaran untuk kegiatan Psysical Distancing dapat dikembangkan dan pemilihan penerapan lokasi berdasarkan koordinasi dari Polsek mana yang warganya memiliki kesadaran tinggi akan antisipasi pencegahan Corona.

“Ini diajukan dari polsek yakni yang terbaik, masukan dari polsek dan koordinasi dengan warga siap melaksanakan Psysical Distancing. Bukan penunjukan tapi kesadaran dari masyarakat termasuk kawasan tadi,” pungkasnya.

Pihaknya berharap kepada warga agar mematuhi peraturan pemerintah yakni melaksanakan Psysical Distancing. Yakni jaga jarak, kurangi mobilitas, hindari tempat-tempat berkerumun, gunakan masker jika keluar, jaga kebersihan agar terhindar dari virus corona. Menurutnya, ke depan ada tambahan Kawasan Poskamling Psysical Distancing.(din)

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com

Perampok di Sukun Malang Tertangkap di Taman Dayu Pandaan ##tiktokberita

♬ original sound - Nusa Daily