Kamis, September 29, 2022
BerandaNewsJatimPolres Pasuruan Kota Ungkap Pelaku Sindikat Penipuan dan Pengelapan Kendaraan Rental

Polres Pasuruan Kota Ungkap Pelaku Sindikat Penipuan dan Pengelapan Kendaraan Rental

NUSADAILY.COM – PASURUAN – Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres Pasuruan Kota, mengungkap sindikat penipuan dan penggelapan kendaraan rental, Selasa (26/10) siang.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Kapolres Pasuruan Kota AKBP Arman S.I.K M.Si menjelaskan, tersangka kasus penipuan dan penggelapan yang berhasil diungkap oleh Sat Reskrim Polres Pasuruan Kota terhadap berinisial MZA, yang kurang lebih 3 bulan beroperasi.

Baca Juga: Percepat Target Capaian 70 Persen, Partai Golkar Kabupaten Pasuruan Gelar Vaksinasi

“Modus pelaku dengan meminjam kendaraan dari rental kemudian menggelapkan dan menggadaikan kepada korban- korbannya dengan modus memalsukan bukti leasing seakan- akan mobil tersebut adalah milik pelaku, sehingga para korban percaya dan menyerahkan uang berkisar Rp. 25.000.000.- sampai Rp. 35.000.000.- persatu unit kendaraan, dan pada saat jatuh tempo tersangka tidak bisa mengembalikan uang tersebut,” ucap Kapolres, di Lapangan Apel depan Gedung Wicaksana Laghawa Polres Pasuruan Kota, Selasa (26/10).

Total kerugian dari 10 korban kurang lebih Rp230 juta dan Sat Reskim berhasil mengamankan 8 mobil yang pelaku gelapkan.

Kapolres menambahkan, MZA saat memalsukan bukti lising mendapat bantuan dari tersangka H sehingga seakan- akan mobil tersebut adalah miliknya. Ia juga sudah melakukan aksinya kurang lebih 3 bulan, dari bulan Juni sampai dengan September di Kota dan Kabupaten Pasuruan.

Baca Juga: Massa Aktivis Makar Pasuruan Tuntut Kongkalikong Proyek Pokir Diproses Hukum

Sementara, Isna Almuzami selaku pengelola rental Isna Trans menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada Kapolres Pasuruan Kota beserta jajarannya.

“Terima kasih banya kepada bapak kapolres dan jajarannya, telah cepat dan tanggap untuk menangkap pelaku sindikat penggelapan mobil rental,” kata Isna Almuzami.

Baca Juga: Oknum Anggota Dewan Kabupaten Pasuruan ‘Palak’ Bantuan Keuangan Desa

Dalam kasus ini, para tersangka di jerat dengan pasal 372 dan 378 KUHP dengan ancaman 4 tahun penjara. (als/lna)

BERITA KHUSUS

Tujuh Poktan Situbondo Bakal Dapat Bantuan Alat Jemur Tembakau

NUSADAILY.COM - SITUBONDO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo menggelontorkan anggaran dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) tahun 2022 sekitar Rp180 juta. Duit jumbo...

BERITA TERBARU

Eks Bek MU Sarankan Harry Maguire Kunjungi Psikolog

NUSADAILY.COM - LONDON - Harry Maguire disarankan mengunjungi psikolog. Bek asal Inggris itu dinilai butuh bantuan untuk bisa bermain lebih baik. Maguire baru saja dikecam...