Senin, November 29, 2021

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsJatimPertamina Madiun Beri Pelatihan Warga Pemberdayaan Lingkungan

Pertamina Madiun Beri Pelatihan Warga Pemberdayaan Lingkungan

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – MADIUN, JATIM – PT Pertamina Fuel Terminal Madiun memberikan bantuan pelatihan berupa pemberdayaan lingkungan untuk warga Kota Madiun, Jawa Timur sebagai salah satu wujud program “Corporate Social Responsibility” (CSR) perusahaan itu.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Fuel Terminal Manager PT Pertamina Madiun Yuri Ristanto pada kegiatan peresmian Program 3R Pemanfaatan Dekomposer Sampah di Kelurahan Madiun Lor, Kota Madiun, Selasa mengatakan, CSR rutin diberikan, utamanya di “ring” 1 yang berlokasi di sekitar area PT Pertamina Madiun, sehingga di masa pandemi, masyarakat sekitar lebih mandiri, berdaya, dan tetap produktif.

BACA JUGA : Pertamina Lepasliarkan 206 Tukik Penyu Lekang di Cilacap

“CSR ini sifatnya untuk jangka panjang skalanya. Sementara ini yang kami berikan dalam bentuk edukasi, kemudian alat-alat yang dibutuhkan masyarakat serta obat-obatan penumbuh tanaman,” ujar Yuri Ristanto.

Melalui bantuan tersebut, warga di RT 10, Kelurahan Madiun Lor, mendapat bantuan sejumlah bibit pohon, alat dekomposer, dan pembinaan sampah daun menjadi pupuk. Kegiatan tersebut memanfaatkan lahan kosong di RT setempat menjadi produktif.

BACA JUGA : Pertamina Prediksi Konsumsi BBM di Jatim Menurun 25 Persen

Warga mendapat pelatihan mulai dari pemanfaatan sampah organik untuk menjadi kompos dan pupuk cair, pelatihan budi daya tanaman sayur dan buah, serta ternak maggot atau larva lalat.

Adapun, ternak maggot dipilih karena juga memanfaatkan sampah sayur dan organik lainnya. Artinya, program pelatihan tersebut sekaligus membantu pemerintah daerah dalam urusan produktivitas sampah rumah tangga.

BACA JUGA : Pertamina Isi BBM ke Kapal Perang Angkatan Laut India

Lebih lanjut Yuri menjelaskan, sejauh ini ada dua titik lokasi yang mendapat bantuan CSR, yakni Kelurahan Madiun Lor dan Patihan. Dalam setahun ini, dana CSR yang akan dikucurkan Pertamina Madiun tidak lebih dari Rp1 miliar.

“Sedangkan khusus di Madiun Lor, nominal CSR yang dikucurkan sekitar Rp70 juta yang diwujudkan dalam bentuk pelatihan, pembelian alat-alat kebutuhan masyarakat, serta aneka bibit tanaman,” katanya.

BACA JUGA : Pertamina Pastikan Tidak Ada Penutupan SPBU di Kudus dan Sekitarnya

Lahan Produktif

Wali Kota Madiun Maidi mengapresiasi upaya yang dilakukan PT Pertamina Fuel Terminal Madiun dalam ikut serta memberdayakan warganya sehingga bisa mandiri dan lebih sejahtera.

“Lingkungan yang belum produktif, kita optimalkan. Terima kasih kepada Pertamina yang sudah turut membina masyarakat untuk pemberdayaan lingkungan ini,” kata Wali Kota Maidi.

Apalagi, pelatihan cukup komplit. Masyarakat dibekali cara membuat pupuk. Pupuknya sudah ada, tanamannya juga disiapkan. Sehingga ada keterkaitan.

Wali Kota juga berharap masyarakat yang memiliki lahan belum produktif untuk dimanfaatkan seperti itu. Hal itu penting mengingat keterbatasan lahan di daerah perkotaan.

Selain pelatihan pemberdayaan lingkungan, dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penyaluran bantuan 100 paket sembako kepada warga setempat yang membutuhkan. Diharapkan bantuan dapat meringankan warga sasaran di saat pandemi.(lal)

- Advertisement -spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img

BERITA POPULAR