Kamis, September 29, 2022
BerandaBerita KhususPercepat Informasi Kependudukan Warga, Gus Ipul Launching Aplikasi "Siap Pak RT"

Percepat Informasi Kependudukan Warga, Gus Ipul Launching Aplikasi “Siap Pak RT”

NUSADAILY.COM – PASURUAN – Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul), kembali membuat inovasi dengan memberikan kemudahan bagi ketua RT se Kota Pasuruan untuk bisa meng-update data kependudukan warganya.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Hal ini dilakukan agar mempermudah ketua RT mengakses data kependudukan warga serta melaporkan jika ada warganya yang meninggal dunia. Melalui aplikasi ini langsung masuk ke sistem yang ada di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Pasuruan.

Gus Ipul mengenalkan aplikasi yang bisa diakses langsung oleh ketua RT se Kota Pasuruan ini saat melakukan sosialisasi administrasi kependudukan di Kantor Kelurahan Pekuncen Kecamatan Panggungrejo. Gus Ipul juga me-launching aplikasi Siap Pak RT yang memuat informasi administrasi kependudukan khusus ketua RT.

BACA JUGA: Sampaikan LPJ APBD 2021, Gus Ipul: Jadi Motivasi Tingkatkan Transparansi dan Akuntabilitas Kinerja Keuangan

Menurut Plt kepala Dinas Dukcapil, Siti Mariyam, mengatakan bahwa sosialisasi seperti ini akan terus dilakukan di 1200 RT yang tersebar di empat kecamatan yakni Kecamatan Gadingrejo, Panggungrejo, Purworejo dan Bugul Kidul.

“Target kita di tahun ini dan tahun depan pak RT di tiga kecamatan sudah bisa menggunakan aplikasi Siap Pak RT, untuk di Kecamatan Purworejo sosialisasi sudah berjalan sejak tahun 2021 kemarin,” terang Siti Mariyam, Plt Kepala Dukcapil Kota Pasuruan.

Sosialisasi dan Launching aplikasi Siap Pak RT ini juga dihadiri oleh Wakil Walikota, Adi Wibowo, Ketua DPRD, Ismail Marzuki, Kepala Kelurahan, serta Ketua RT diwilayah Kelurahan Pekuncen.

BACA JUGA: Percantik Alun-Alun Kota, Pemkot Pasuruan Sosialisasikan Penataan Wisata Religi Terintegrasi

Menurut Gus Ipul, dengan adanya aplikasi khusu pak RT ini diharapkan bisa memberikan informasi yang terbaru yang berkaitan dengan administrasi kependudukan dilingkungan RT masing-masing.

“Dengan aplikasi ini pak RT bisa memberikan laporan yang berkaitan dengan administrasi kependudukan warganya, salah satu contoh jika ada warganya yang meninggal dunia bisa diinformasikan melalui aplikasi ini tentunya dengan data yang sesuai dengan KTP,” tegas Gus Ipul.

Kemudahan penggunaan aplikasi ini bisa mempermudah pak RT untuk memberikan informasi warganya tanpa harus meninggalkan tempat kerjanya, dan bisa lebih cepat.

“Tanpa harus meninggalkan tempat kerjanya, pak RT bisa memberikan informasi yang cepat,” lanjut Gus Ipul.

Dukcapil Kota Pasuruan menargetkan pada tahun 2023 semua pak RT sudah bisa menggunakan dan memanfaatkan aplikasi Siap Pak RT untuk informasi kependudukan. (oni)

BERITA KHUSUS

Tujuh Poktan Situbondo Bakal Dapat Bantuan Alat Jemur Tembakau

NUSADAILY.COM - SITUBONDO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo menggelontorkan anggaran dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) tahun 2022 sekitar Rp180 juta. Duit jumbo...

BERITA TERBARU

Eks Bek MU Sarankan Harry Maguire Kunjungi Psikolog

NUSADAILY.COM - LONDON - Harry Maguire disarankan mengunjungi psikolog. Bek asal Inggris itu dinilai butuh bantuan untuk bisa bermain lebih baik. Maguire baru saja dikecam...