Rabu, Agustus 10, 2022
BerandaNewsJatimPelajari Penerapan Smart City, Diskominfotik Kota Pasuruan Studi Banding ke Badung

Pelajari Penerapan Smart City, Diskominfotik Kota Pasuruan Studi Banding ke Badung

NUSADAILY.COM – PASURUAN – Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Diskominfotik) Kota Pasuruan melakukan studi banding ke Diskominfo Badung, Bali, untuk mempelajari penerapan smart city di wilayah setempat.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Studi banding ini dilakukan untuk menjalin kemitraan antara jurnalis dan pemerintah daerah untuk promosi pariwisata.

Kepala Diskominfotik Kokoh Arie Hidayat, SE. S.Sos, MM menyampaikan tujuan dari studi tiru ini untuk mempelajari penerapan smart city Kabupaten Badung, Jumat, (22/07).

BACA JUGA: Kadiskominfotik Kota Pasuruan Hadiri Pelantikan Komite Komunikasi Digital Jatim

“Diskominfotik Kota Pasuruan melakukan studi banding ke Diskominfo badung untuk mempelajari penerapan smart city yang ada di Kabupaten Badung,” kata Kokoh.

Menurut Kokoh, saat ini Pemerintah Kota Pasuruan sedang gencar untuk promosi wisata religi dan heritage. Sehingga pihaknya mengikutsertakan para wartawan yang diharapkan bisa mempromosikan pariwisata yang ada di Kota Pasuruan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Badung I Wayan Weda Dharmaja, S.IP, M.Si menjelaskan, pada akhir tahun 2018, Pemkab Badung mendirikan Badung Command Center atau BCC. Tujuan pembangunan BCC tersebut untuk meningkatkan pelayanan masyarakat yang maju dan sejahtera melalui pelayanan publik berbasiskan teknologi dan terintragasi.

“Diskominfo Badung mendirikan Badung Command Center atau BCC ini tujuannya untuk meningkatkan pelayanan masyarakat yang maju dan sejahtera melalui pelayanan public yang berbasis teknologi,” kata ai Wayan Weda.

BACA JUGA: Pererat Tali Silaturahmi, TP PKK Kota dan Kabupaten Pasuruan Gelar Pertemuan

Dijelaskan, untuk pembangunan smart city tersebut, pihak Pemerintah Kabupaten Badung menjalin kerja sama dengan berbagai pihak dalam membangun pengembangan berbasis teknologi informasi (IT). Hal ini guna memudahkan proses penyelesaian keluhan masyarakat dan menjalankan proses administratif sehingga dapat lebih efektif.

“BCC dengan tagline-nya Komunikasi Informasi Badung merupakan pusat pemantauan seluruh sensor dan data-data dari aplikasi yang ada di perangkat daerah Kabupaten Badung sehingga terintegrasi dan ditampilkan dalam wall display BCC,” ujarnya.

“Adapun data-data yang dapat ditampilkan, meliputi CCTV dan video analitik, data-data pelayanan publik seperti perijinan, perpajakan, kependudukan, serta data-data kinerja perangkat daerah Kabupaten Badung meliputi absensi pegawai serta kinerja fisik dan keuangan perangkat daerah,” jelasnya.

Dalam kunjungan tersebut Diskominfotik Kota Pasuruan bermaksud untuk mempelajari penerana smart city Kabupaten Badung yang diikuti oleh Kadis Kominfo, perwakilan dari bidang Informasi Komunikasi Publik, bidang E-Government dan bidang Statistik juga diikuti sejumlah wartawan Kota Pasuruan sebagai kemitraan antara jurnalis dan pemerintah daerah. (oni/lna)

BERITA KHUSUS

Dok! Seluruh Fraksi di DPRD Ponorogo Setujui Perubahan SOTK Satpol PP dan RSUD

NUSADAILY.COM - PONOROGO - Usulan Raperda Perubahan kedua atas Perda No.6 Tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah untuk OPD Satpol PP yang...

BERITA TERBARU

Awas! Gejala Cacar Monyet 2022 Berbeda, Dokter Minta Waspada

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Penyakit cacar monyet masih diwaspadai di seluruh dunia. Saat ini sudah ada puluhan ribu kasus cacar monyet yang tersebar di...