Sabtu, Oktober 23, 2021
BerandaNewsJatim'Ngaji Tani Akbar', Kementan Ajak Santri Tingkatkan Kedaulatan Pangan

‘Ngaji Tani Akbar’, Kementan Ajak Santri Tingkatkan Kedaulatan Pangan

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – PROBOLINGGO – Potensi pertanian di Kabupaten Probolinggo Jawa Timur begitu besar. Melihat potensi itu, ratusan santri digodok pada Sabtu (25/1/2020) melalui ‘Ngaji Tani Akbar dan Munas Tani Nusantara’.

Ngaji tani tersebut dilaksanakan di Pondok Pesantren (Ponpes) Zainul Hasan Genggong tepatnya di GOR Damanhury Romli, Desa Karangbong Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo.

Kabupaten Probolinggo yang mayoritas santri memiliki peran strategis dalam meningkatkan perekenomian daerah. Khususnya dari sektor pertanian yang memang sesuai dengan geografis Probolinggo.

Hadir dalam kesempatan itu perwakilan Kementerian Pertanian sekaligus Wadir 2 Politeknik Pembangunan Pertanian Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Dr Ir Ismul Hadi.

“Program ekonomi santri dari sektor pertanian salah satu upaya mendukung nawacita ke-3 tentang pembangunan kaum pinggiran. Ini juga upaya terobosan untuk menguatkan perekonomian bangsa khususnya kedaulatan pangan,”jelas Ismul

Senada dengannya, Rektor Universitas Brawijaya, Prof. Dr. Nuhfil Hanani yang hadir juga menambahkan, melalui ‘Ngaji Tani Akbar’ agar santri tani bisa adaptadi untuk berkarya dibidang pertanian.

“Perguruan tinggi siap mensupport. Sebab santri tani selain punya potensi, juga menjadi harapan kita sebagai pihak civitas akademika,”ulasnya.

Sementara itu pengasuh Ponpes Zainul Hasan Genggong, Gus Harris Damanhuri Romly mengatakan, langkah ini agar terus dilakukan. Agar upaya mengembangkan pertanian nusantara demi tercapainya kedaulatan pangan nasional.

Selaku inisiator acara pihaknya berharap,para santri bisa menjadi motor penggerak dalam pengembangan segala bidang, mulai dari bidang kelautan, perikanan, peternakan maupun perikanan. (Ras)

- Advertisement -spot_img
Nusa Magz Edisi 46

BERITA POPULAR

- Advertisement -spot_img

BERITA KHUSUS

@nusadaily.com

Akhir-akhir ini Kota Malang panas banget nih, ngadem dulu yuk🍦🍦 ##tiktoktaiment

♬ Happy Ukulele - VensAdamsAudio

LIFESTYLE

Baldwin alec

Alec Baldwin Belum Menerima Tuntutan Terkait Penembakan di “Rust”

0
NUSADAILY.COM - JAKARTA - Pengacara Distrik Yudisial Pertama Santa Fe, Mary Carmack-Altwies, mengatakan dalam sebuah pernyataan kepada E! bahwa aktor dan co-produser film Alec...