Minggu, September 25, 2022
BerandaCultureNapak Tilas 7 Mata Air, Wujud Syukur Warga Magetan Atas Sumber Air...

Napak Tilas 7 Mata Air, Wujud Syukur Warga Magetan Atas Sumber Air Melimpah

NUSADAILY.COM – MAGETAN – Ribuan warga dari sejumlah desa di Kecamatan Panekan Kabupaten Magetan, Sabtu, 6 Agustus 2022 kemarin mengikuti napak tilas 7 mata air yang terletak di kaki Gunung Lawu.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Antara lain Sumber Plethok di Desa Sumberdodol, Sumber Tirta di Desa Sumberdodol, Sumber Nganten di Desa Sukowidi, Sumber Molang di Desa Bedagung, Sumber Njambran di Desa Ngiliran, Taman Wisata Desa Jabung, dan Sumber Kuluhan di Desa Jabung).

Anggota DPRD Jawa Timur Diana Amaliyah Verawatiningsih mengikuti langsung napak tilas 7 sumber mata air di Kecamatan Panekan tersebut.

BACA JUGA: Festival Kali Brantas 2022, Ajak Masyarakat Lestarikan Sumber Air untuk Masa Depan

Diana pun mengapresiasi kegiatan yang disimbolkan sebagai kampanye pelestarian sumber air ini.

“Ini acara yang bagus sekali. Menjadi kampanye untuk bersama-sama menjaga mata air,” katanya saat ditemui nusadaily.com, Sabtu (06/08/2022).

Diana mengatakan, sumber air perlu dijaga sebagai bekal generasi mendatang. Oleh karena itu, Diana mendorong kegiatan napak tilas ini ditetapkan sebagai agenda rutin masyarakat. Sebagai pengingat pentingnya menjaga kelestarian mata air tersebut.

“Napak tilas 7 sumber ini adalah upaya mengingatkan kembali masyarakat agar tak henti-hentinya mensyukuri nikmat memiliki mata air yang melimpah,” paparnya.

mata air

Napak tilas 7 mata air ini diinisiasi oleh kepala desa se-Kecamatan Panekan. Para peserta berpawai menjelajahi tujuh sumber mata air dengan mengenakan pakaian khas Jawa.

Peserta yang berasal dari berbagai kalangan, mulai dari ASN, petani, organisasi pemuda, hingga siswa sekolah. Sejumlah perangkat pemkab dan anggota dewan pun juga tampak antusias meski menempuh jarak 7 kilometer dengan berjalan kaki.

BACA JUGA: Ada Maspadin di Jatim Kominfo Festival 2022, Jadi Ajang Promosikan Kota Pasuruan ke Masyarakat

Sebelumnya para peserta berkumpul di lapangan Desa Sumberdodol kemudian berjalan kaki bersama menuju 7 sumber mata air. Pelepasan peserta napak tilas dilaksanakan Bupati Magetan, Suprawoto.

Dalam sambutannya, Bupati mengajak semua yang hadir untuk bersama-sama melestarikan lestarikan mata air dengan memelihara merawat dan menjaganya. Agar anak cucu tidak kesulitan air di masa depan. (nto/lna)

BERITA KHUSUS

Kolaborasi Lintas Umat Beragama Suguhkan Pentas Budaya Menawan di Kota Pasuruan

NUSADAILY.COM - PASURUAN - Sebutan Kota Madinah (Maju Ekonominya, Indah Kotanya, Harmoni Warganya) sepertinya tidak salah disematkan bagi Kota Pasuruan. Hal tersebut salah satunya...

BERITA TERBARU

Sebelum Wafat, Ini Keinginan Ratu Elizabeth II untuk Pangeran Harry

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Ratu Elizabeth II meninggal dunia 8 September 2022. Hampir semua keluarga kerajaan menghadiri prosesi pemakaman yang digelar pada 19 September...