Senin, November 29, 2021

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsJatimLolos Passing Grade SKD, Belum Tentu Bisa Ikut SKB

Lolos Passing Grade SKD, Belum Tentu Bisa Ikut SKB

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – TULUNGAGUNG – Memasuki hari keempat pelaksaan tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) penerimaan CPNS Pemkab Tulungagung tahun ini, Panitia Seleksi Daerah (Panselda) mengakui perolehan nilai peserta tes lebih baik dibandingkan tes SKD tahun sebelumnya.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Anggota Tim Sekertariat Panselda, Catur Hermono mengatakan pada pelaksanaan tes hari pertama yang digelar di hotel Crown Tulungagung kemarin, pihaknya mendata ada peserta yang memperoleh total nilai mencapai 400 poin, dari tiga jenis test yang diberikan pada SKD kali ini.

Selain itu dari layar monitor yang bisa diakses oleh masyarakat luas, nampak banyak peserta tes yang memperoleh nilai di atas passing grade.

“Nilainya lebih bagus, kemungkinan peserta lebih siap karena sudah ikut tes tahun sebelumnya, kemungkinan ada juga yang sudah belajar melalui media sosial dan ikut bimbingan,” ujarnya.

Namun kondisi ini tidak serta merta membuat mereka yang lolos passing grade SKD akan bisa mengikuti tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang diprediksikan digelar pada bulan April mendatang.

Catur menganalogikan, mereka yang sudah lolos passing grade harus melihat formasi yang dipilih dan peserta lain yang memilih formasi tersebut. Pihaknya mencontohkan untuk formasi A yang hanya memiliki 1 kursi CPNS, sedangkan jumlah pelamarnya mencapai 100 orang yang lolos seleksi passing grade, maka dari 100 orang tersebut hanya 3 dengan nilai SKD  terbaik saja yang diambil untuk bisa ikut tes SKB, sedangkan sisanya dinyatakan gugur.

Namun itu semua merupakan kewenangan Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) melalui sistem yang ada, pihaknya hanya meneruskan Surat Keputusan (SK) dari Panselnas untuk diumumkan kepada peserta tes di daerah.

“Harus melihat formasi dan pelamarnya, nanti ditentukan melalui sistem oleh Panselnas, kita hanya menyampaikannya saja kepada peserta,” terangnya.

Selanjutnya menurut Catur, kemungkinan nama nama peserta yang lolos untuk tes SKB akan diumumkan pada pertengahan bulan Maret.(fim)

- Advertisement -spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img

BERITA POPULAR