Jumat, Januari 21, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsJatimKhofifah Siap Dukung Program Kemendagri Realisasikan ACSN

Khofifah Siap Dukung Program Kemendagri Realisasikan ACSN

NUSADAILY.COM – SURABAYA – Warga Indonesia patut berbangga. Pasalnya, Kementerian Dalam Negeri dipercaya sebagai National Representative dalam ASEAN Smart Cities Network (ASCN). Salah satu yang responsif mendukung adalah Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Khofifah mengklaim Provinsi Jatim dan seluruh Bupati/Wali Kota se Jatim menyatakan siap mendukung dan menyukseskan program Kemendagri.

“Kami mengucapkan selamat kepada Kementerian Dalam Negeri yang telah ditunjuk menjadi National Representative ASEAN Smart Cities Network (ASCN). Dan seluruh Bupati Walikota se-Jatim akan menjadi bagian yang menyukseskan program dari Kemendagri,” tukasnya.

BACA JUGA: Gubernur Khofifah: Abdi Negara Harus Pacu Adaptasi Transformasi Digital

Khofifah melanjutkan, pembuatan ekosistem yang menunjang kesejahteraan masyarakat seperti green economy, green infrastructure, green financial harus terus menerus dilakukan. Agar proses perubahan lebih baik bisa dilakukan secara cerdas dan terintegrasi.

“Format yang terus memberikan kesempatan kita untuk melakukan update dari hari ke hari dan upgrade dari hari ke harinya,” paparnya

Menurutnya, banyak masyarakat yang kini telah beradaptasi dengan sistem atau IT yang telah diterapkan oleh pemerintah.

“Misalnya retribusi pasar di Jatim sudah sangat banyak memakai QRIS. Ini juga menjadi arti bahwa proses keterpaduan untuk membangun kota yang cerdas sudah pada jalan yang tepat (on the right track),” paparnya

Menjekang Presidensi G20 tahun 2022, selaras dengan isu Pembangunan Smart City, di pertemuan G20 itu terintegrasi diterapkan di Jawa Timur.

BACA JUGA: Khofifah Naik Getek, Kirim Bantuan Sosial ke Warga

“Ini acara yang akan mendukung dan memberikan pemahaman lebih jauh terkait penerapan Smart City yang terintregasi sesuai salah satu isu Presidensi G20 mendatang,” katanya.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menegaskan seluruh piranti Pemerintah Indonesia segera melakukan transformasi digital menuju Smart City.

“Salah satunya penyelenggaran ITE 2021 wujud wakeup call dalam mendorong terselenggaranya smart city,” tuturnya

Tito melihat betapa keagungan teknologi saat ini mampu memunculkan konsep smart city untuk mengoleh sebuah perkotaan.

Konsep IT dan Komunikasi tersebut kini dimanfaatkan oleh kota-kota besar termasuk juga negara besar dalam mengelola wilayahnya.

“Sehingga saat ini Kemendagri sudah meluncurkan pengurusan KTP yang terintegrasi di seluruh Indonesia. Jadi, jika ada masyarakat yang KTP-nya domisili di Jakarta dan saat ini tinggal di Papua, sudah bisa mengurus di sana. Hanya perlu sidik jari,” paparnya.

Guna mendukung pertumbuhan smart city di Indonesia, Tito menyebutkan perlu adanya perubahan-perubahan yang dilakukan.

“Misalnya untuk merubah mindset masyarakat dari yang biasanya bekerja biasa-biasa aja perlu dilakukan transformasi,” kata Tito.

Dengan didukung Smart City oleh Presiden RI Joko Widodo, maka peluang besar dalam pelaksanaan ini semakin terbuka.

Utamanya, Smart City juga sangat mendukung terwujudnya pemerintahan yang bersih dan mempermudah pengambilan keputusan.

“Butuh juga merubah mindset pimpinan/pejabat daerah, memberikan kesadaran pentingnya IT. Sehingga butuh adanya pelatihan atau seminar yang diperlukan,” kata Tito.

“Mendorong database bersifat nasional, artificial intelegent untuk memproses dan memprediksi serta digitalisasi anggaran. Saya rasa ini bisa mendorong kita untuk jadi Smart City,” imbuhnya.

Hadir dalam acara Hybrid ITE 2021, yakni Dirjen Bina Administrasi Kewilahahan Kemendagri RI Safrhizal AZ, Presdir PT. Mavic Media Arya Setya, Bupati/Walikota se-Jatim serta Ka. OPD lingkungan Pemprov Jatim terkait.(ima/lna)

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com

Perampok di Sukun Malang Tertangkap di Taman Dayu Pandaan ##tiktokberita

♬ original sound - Nusa Daily