Kamis, Oktober 28, 2021
BerandaNewsJatimKetua LSM Siti Jenar Bakal Jadi Tersangka Penghinaan ke Bupati Situbondo Terpilih

Ketua LSM Siti Jenar Bakal Jadi Tersangka Penghinaan ke Bupati Situbondo Terpilih

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – SITUBONDO – Kini telah naik ke tahap penyidikan untuk perkara penyebaran video ucapan melalui media sosial yang diduga mengandung unsur penghinaan pasca pemilihan Bupati dan Wakil Bupati daerah setempat.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Kepala Kepolisian Resor Situbondo, AKBP Imam Rifai menyatakan segera menetapkan status tersangka kepada Eko Febrianto, Ketua LMS Siti Jenar sebagai lakon pemeran dalam video yang dianggap melecehkan Karna Suswandi, calon Bupati yang akhirnya memenangi Pilkada Situbondo 2020.

“Polisi sudah meyakini adanya tindakan pidana disitu, dan saat ini kasusnya kami naikkan dari penyelidikan ke penyidikan. Secepatnya kita tetapkan tersangka,” terang Imam Rifai disela acara konferensi pers hasil Operasi Lilin di Mapolres Situbondo, pada Jumat, 8 Januari 2021.

BACA JUGA: Ramai Video Aktivis LSM Karaoke di Eks Lokalisasi Sebut Cabup Situbondo ‘Orang Pendek’

Penyidikan dimulai setelah tim penyidik menuntaskan gelar perkara guna melengkapi alat bukti. Selain bukti berupa rekaman video, penyidik juga meminta kesaksian sejumlah orang termasuk ahli bahasa.

“Dalam rangka proses penyidikan, penyidik telah menghadirkan saksi ahli bahasa Indonesia dan ahli bahasa Madura. EF (Eko Febrianto) akan kita kenakan Pasal 27 ayat (3) UU ITE dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara atau denda maksimal 1 miliar,” tegasnya.

Sebelumnya, beredar video berdurasi 3 menit 7 detik yang diperankan Eko dan beberapa temannya saat berkaraoke, tapi diselingi dengan perkataan-perkataan bullying verbal yang menjurus body shaming kepada Karna Suswandi.

Eko disinyalir sengaja berulah demikian lantaran kesal dengan perolehan suara Karna Suswandi yang unggul dalam Pilkada Situbondo. Pasalnya, sendiri mengindikasikan dukungannya kepada calon lain seperti yang diungkap dalam sejumlah video berbeda.

Karna Suswandi disebut Eko sebagai orang yang memiliki fisik dengan tinggi badan dibawah rata-rata, bermuka jelek, dan tidak cerdas, sembari menantang agar berani memperkarakannya ke polisi.

“Salam buat Situbondo dari Eko, LSM Siti Jenar. Selamat punya Bupati pendek, kothet, jubek, gendeng (cebol, jelek, gila). Aku yang bilang. Semua kuasa hukum tim advokasi silakan laporkan saya. Dan untuk calon Bupati, saya tunggu di kasus Bogem,” ucapnya.

Penyebutan Bogem sepertinya merujuk pada PT Bondowoso Gemilang, sebuah BUMD milik Pemkab Bondowoso yang sedang berperkara kasus korupsi. Di daerah itu, Karna Suswandi memang pernah meniti karir sebagai Kepala Dinas PU Pengairan sebelum terjun ke Pilkada di Situbondo.

Eko kemudian bersumpah akan memusuhi Karna Suswandi apabila menjabat kepala daerah. “Jek man nyaman deddih Bupati Situbondo, Billahi engkok mosona been (jangan enak-enak jadi Bupati Situbondo, Billahi saya musuhmu,” sambungnya.

BACA JUGA: Polisi Periksa Aktor Video Dugaan Menghina Cabup Situbondo Karna Suswandi

Selanjutnya, dia bernyanyi karaoke dengan latar lagu ‘Bento’. Beberapa kali ia menyebut nama Karna Suswandi untuk mempelesetkan lirik lagu. “Orang memanggilku bos eksekutif.. tokoh papan atas… atas segalanya… Karna pendek,” teriak Eko dengan suara lantang.

Ia menunjukkan gayanya bernyanyi penuh semangat serta meminta kepada seseorang temannya yang merekam untuk menyebarluaskan video tersebut. “Share… share videonya,” pinta Eko. (fat/sut)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Nusa Magz Edisi 46

BERITA POPULAR

- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com

Istri Selingkuh, Suami Bawa Alat Berat Hancurkan Rumah😱##tiktokberita

♬ kau curangi cintaku - Milan indramayu