Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaNewsJatimKepala Dinas Sosial Jawa Timur Resmikan Cafe TTM

Kepala Dinas Sosial Jawa Timur Resmikan Cafe TTM

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – SURABAYA – Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Provinsi Jawa Timur, Dr Alwi meresmikan Cafe Tagana Teman Masyarakat (TTM) yang berada di kompleks kantor Dinsos Jatim, Jl Gayung Kebonsari Nomor 56 B Surabaya. Dalam peresmian Cafe TTM tersebut, hadir pula Sekretaris Dinsos Jatim Restu Novi Widiani, Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial (Kabid Linjamsos) Moehammad Anas beserta staf, sejumlah Kepala UPT di lingkungan Dinsos Jatim, dan FK Tagana Jatim.

Kadinsos Jatim Alwi mengatakan bahwa cafe TTM bukan cafe biasa. Menurutnya, cafe ini merupakan inovasi Tagana yang dijadikan ajang berbagi dan meningkatkan semangat pengabdian.

“Ke depan, tempat ini juga menjadi lokasi untuk sosialisasi mitigasi dan penanggulangan bencana,” ucap Kadinsos Jatim.

Sementara, Sekretaris Dinsos Jatim Restu Novi Widiani menambahkan, cafe TTM akan bekerja sama dan membangun jejaring dengan usaha kecil milik masyarakat.

“10 persen dari laba yang diperoleh cafe TTM dan jejaring akan didonasikan untuk layanan sosial, termasuk untuk membantu kelayakan tempat tinggal lansia yang hidup di rumah tidak layak huni,” jelas Sekretaris Dinsos Jatim.

BACA JUGA: Bandar Lelang Arisan Daring di Salatiga Jadi Tersangka Penipuan

Dalam peresmian cafe TTM ini, Kadinsos Jatim menyerahkan papan nama cafe TTM kepada Tagana Utama, Priyo Prasojo. Kemudian berlanjut dengan penyerahan handytalkie dari Tagana Utama kepada Kadinsos Jatim untuk memudahkan koordinasi l.

Tidak hanya itu, terdapat pengumpulan donasi dari Kadinsos Jatim, para Kepala UPT Dinsos Jatim, dan Tagana kabupaten/kota di Jatim sebanyak Rp 5,57 juta. Sehingga total dari donasi telah mencapai lebih dari Rp 7 juta.

Cafe TTM ini menyediakan berbagai macam jenis minuman kopi yang didapatkan melalui jejaring Tagana kabupaten/kota.

Kabid Linjamsos Moehammad Anas menambahkan, selama ini kegiatan Tagana dominan pada tanggap darurat dan mitigasi. Untuk pengembangan Tagana dalam implementasi dan layanan dukungan psikososial (LDP) dibutuhkan support.

“Melalui cafe TTM ini Tagana membuat jejaring baik melalui usaha online maupun usaha offline, yang nantinya 10 persen dari hasil penjualan itu didonasikan pada penanggulangan bencana, baik pra, saat, maupun pasca,” Ucap Kabid Linjamsos.

Inovasi ini ditengarai merupakan satu-satunya di Indonesia. Sebagai perluasan jejaring, cafe TTM telah dimulai di lima kabupaten/kota. Yakni, Tuban yang telah mengawali sejak tiga tahun lalu, Kab. Pasuruan, Magetan, Kota Kediri, dan Sidoarjo. (als/kal)

- Advertisement -spot_img
Nusa Magz Edisi 46

BERITA POPULAR

- Advertisement -spot_img

BERITA KHUSUS

@nusadaily.com

Akhir-akhir ini Kota Malang panas banget nih, ngadem dulu yuk🍦🍦 ##tiktoktaiment

♬ Happy Ukulele - VensAdamsAudio

LIFESTYLE

PCR

Aturan Terbaru Perjalanan Udara Jawa-Bali, Wajib Tes PCR!

0
NUSADAILY.COM - JAKARTA - Satuan Tugas COVID-19  menyampaikan pelaku perjalanan udara dari dan ke Pulau Jawa-Bali serta daerah PPKM level 3 dan 4 wajib menyertakan...