Kamis, Mei 26, 2022
BerandaNewsJatimJurus Jitu Pemkot Surabaya Dukung Pemulihan Ekonomi, ASN Wajib Belanja Produk UMKM...

Jurus Jitu Pemkot Surabaya Dukung Pemulihan Ekonomi, ASN Wajib Belanja Produk UMKM Lewat E-Peken

NUSADAILY.COM – SURABAYA – Seiring dengan pandemi COVID-19 di Indonesia yang terpantau mulai melandai, Pemerintah Kota Surabaya mulai gerilya menggenjot pemulihan ekonomi dengan membentuk sejumlah program pengembangan UMKM dan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Salah satu jurus jitu pemulihan ekonomi tersebut yakni dengan menginisiasi marketplace asli Surabaya yang dinamai Pemberdayaan dan Ketahanan Ekonomi Nang Suroboyo (Peken Suroboyo).

“Pemerintah Kota Surabaya punya komitmen yang sangat kuat terhadap pertumbuhan ekonomi pasca pandemi COVID-19. Terobosan yang dilakukan Pemkot Surabaya adalah melakukan penguatan ekonomi lewat aplikasi E-Peken,” papar Kepala Diskominfo Kota Surabaya, Muhammad Fikser dalam konferensi pers yang disampaikan di Grand Dafam Signature Surabaya, Jumat (13/5/2022).

BACA JUGA: Disperindag Jatim Salurkan Bantuan CSR Pembuat Kue ke Pelaku UMKM Surabaya

E-Peken ini nantinya akan mengakomodir UMKM dan toko kelontong berbagai bidang, mulai dari handicraft, kuliner, hingga fesyen di Surabaya. Toko kelontong yang masuk dalam kurasi tersebut juga sesuai data kalangan MBR.

“Di dalam E-peken ini semua toko kelontong UMKM yang ada di Surabaya. Setelah dilakukan proses kurasi oleh Dinas Koperasi, kita masukkan ke dalam aplikasi ini,” paparnya.

Untuk mendukung jalannya aplikasi tersebut, ASN di lingkungan Pemkot Surabaya diwajibkan menjadi pelanggan tetap E-Peken.

“13 ribu ASN Surabaya diwajibkan belanja di E-Peken. Mekanismenya, kita sudah melakukan pemetaan setiap ASN berdasarkan domisili atau KTPnya. Jadi, yang berdomisili di luar Surabaya dipetakan sesuai lokasi kerjanya,” jelas Fikser.

BERITA KHUSUS

BERITA TERBARU

Bamsoet Apresiasi Kemudahan UMKM Peroleh Sertifikasi Halal

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengapresiasi langkah Yayasan Al Muttaqien Care yang telah mempermudah pendataan dan verifikasi 10 juta UMKM...
@nusadaily.com Ning Ita Dampingi Anak Penderita Thalasemia jalani Transfusi Darah #tiktokberita ♬ original sound - Nusa Daily