Kamis, Juli 7, 2022
BerandaNewsJatimHama Wereng Serang Hektaran Tanaman Padi di Madiun, Petani: Tekor, Biaya Pupuk...

Hama Wereng Serang Hektaran Tanaman Padi di Madiun, Petani: Tekor, Biaya Pupuk dan Obat Mahal

NUSADAILY.COM – MADIUN – Ratusan hektare tanaman padi di Kecamatan Sawahan, Kabupaten Madiun terancam gagal panen akibat serangan hama wereng.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Berbagai upaya telah dilakukan oleh para petani, namun hama wareng begitu sulit dibasmi.

Petani pun nelangsa karena tak bisa berbuat banyak. Tanaman padi yang baru berusia 50 hari akhirnya terpaksa dibiarkan mati.

“Seperti ini lo mas wereng menyerang pangkal padi. Daun hangus terus layu mengering dan mati. Disemprot pakai obat apa pun tidak mempan. Malah seakan akan makin menyebar luas,” kata petani desa Krokeh, Moch. Said, sembari menunjukkan tanaman padinya yang telah layu, Kamis (26/05/2022).

BACA JUGA: Biang Kerok Harga Cabai di Magetan Melejit, Serangan Hama Patek!

Serangan hama wereng tidak hanya terjadi di satu desa saja. Namun merebak ke desa-desa tetangga. Seperti pada desa Klumpit, Kajang, Sawahan, Cabean hingga Lebak Layu.

Menurut Said, Ia dan petani lain sudah mengeluarkan banyak biaya untuk membeli obat-obatan pembasmi hama. Namun hasilnya tetap nihil.

“Kalau sudah kaya ini gagal panen to mas. Batang padi yang semestinya subur mati. Bila pun hidup juga tidak normal dan tidak akan berbuah,” ungkapnya pasrah.

Para petani mengaku telah melaporkan masalah serangan hama ini ke dinas terkait. Akan tetapi, hingga kini bantuan obat-obatan belum kunjung datang.

Bahkan, menurut Said, petugas yang datang malah menyalahkan petani yang dinilai keliru dalam proses pemupukan.

BACA JUGA: Serangan Hama Wereng, Petani Bello Rugi Puluhan Juta Rupiah

Said mengatakan, bila kondisinya tak kunjung membaik, petani akan semakin merugi. Ia berharap segera ada tindakan dari pemerintah untuk membantu para petani di Madiun.

“Tolonglah kami, biaya garap, pupuk dan obat-obatan mahal. Bila gagal panen seperti ini petani tekor. Ibarat panen berhasil dua kali pun tidak dapat menutup sekali kegagalan seperti pada tanam kedua ini,” pungkasnya. (nto/lna)

BERITA KHUSUS

Sampaikan LPJ APBD 2021, Gus Ipul: Jadi Motivasi Tingkatkan Transparansi dan Akuntabilitas Kinerja Keuangan

NUSADAILY.COM – KOTA PASURUAN – DPRD Kota Pasuruan menggelar Rapat Paripurna I dengan agenda Penyampaian Nota Keuangan Raperda tentang Pertanggungjawaban (LPJ) Pelaksanaan APBD Kota...

BERITA TERBARU

4 Inovasi Pesawat Mewah untuk Penerbangan Masa Depan

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Beberapa maskapai dan perusahaan di dunia memperkenalkan beragam desain pesawat terbaru mereka. Mulai dari bangku kapsul hingga desain mewah seperti...