Jumat, Mei 27, 2022
BerandaNewsJatimHakim PN Surabaya Kena OTT KPK, Agenda Sidang Terganggu

Hakim PN Surabaya Kena OTT KPK, Agenda Sidang Terganggu

NUSADAILY.COM-SURABAYA-Hakim adalah kepanjangan tangan tuhan, yang artinya profesi yang sangat dihormati dan sangat mulia. Karena dalam menjalankan profesinya sangat menjunjung tinggi etika, kejujuran, kebenaran dan keadilan.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Namun, profesi ini menjadi tercoreng ketika didapatkan seorang oknum hakim yang bertugas di Pengadilan Negeri Surabaya (PN Sby) ditangkap tangan oleh anggota Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena diduga menerima suap.

Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan oleh KPK ini dilakukan pada Rabu dini hari (19/1/2022).

Akibatnya, dipastikan agenda beberapa sidang yang ada PN Surabaya pada Kamis (20/1/2022) akan mengalami penundaan. Terutama beberapa kasus yang ditangani oleh salah satu hakim tersebut yang di OTT oleh KPK.

Plt. Juru Bicara KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi membenarkan, bahwa terdapat penangkapan seorang hakim yang bertugas di PN Surabaya.

“Benar, kemarin malam hari Rabu 19 Januari 2022, KPK melakukan kegiatan tangkap tangan di Surabaya Jawa Timur,” ucap Ali Fikri.

ia juga menyampaikan, bahwa pihaknya masih memeriksa pihak-pihak yang diamankan tersebut. Kemudian dalam waktu 1×24 jam KPK segera menentukan sikap. 

Lebih lanjut, ia juga memberikan bocoran bahwa selain hakim yang digerebek atas kasus suap, ada beberapa pihak lain yakni panitera dan pengacara.

“Diantaranya Hakim, Panitera dan pengacara yang diduga melakukan tindak pidana korupsi pemberian dan penerimaan uang terkait penanganan perkara di PN Surabaya,” beber Ali Fikri.

Sementara itu, Jubir Mahkamah Agung (MA), Hakim Agung Andi Samsan Nganro juga mengkonfirmasi adanya seorang hakim yang ada di PN Surabaya dioperasi oleh KPK.

“pagi tadi sekitar pukul 05.00-05.30 WIB, KPK datang ke kantor PN Surabaya,” ucap Andi Samsan.

Andi menambahkan, terkait masalah ini, semoga dapat terbongkar apa yang  sebenarnya terjadi, dan ia memberikan saran untuk sebaiknya menunggu penjelasan resmi dan hasil tangkap tangan tersebut oleh KPK. (als/aka)

BERITA KHUSUS

BERITA TERBARU

Asyik Main Air Banjir, Bocah di Gresik Digigit Ular

NUSADAILY.COM – GRESIK  -  Ini peringatan bagi para orang tua agar menjaga anaknya saat bermain air. Karena ada kejadian saat sedang asyik bermain air...
@nusadaily.com Ning Ita Dampingi Anak Penderita Thalasemia jalani Transfusi Darah #tiktokberita ♬ original sound - Nusa Daily