Rabu, Agustus 10, 2022
BerandaBerita KhususHadiri HUT Sanggar Dharma Budaya Kota Pasuruan ke-41, Mas Adi: Seni Adalah...

Hadiri HUT Sanggar Dharma Budaya Kota Pasuruan ke-41, Mas Adi: Seni Adalah Media Diplomasi Paling Efektif

NUSADAILY.COM – PASURUAN – Wakil Wali Kota Pasuruan, Adi Wibowo (Mas Adi) menghadiri acara hari ulang tahun Sanggar Dharma Budaya Kota Pasuruan. Mas Adi mengapresiasi kiprah Sanggar Dharma Budaya yang telah berdiri selama puluhan tahun di Kota Pasuruan.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Acara ulang tahun sanggar tari yang ke-41 tahun ini diselenggarakan di Rumah Makan Kurnia, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan, pada Minggu (31/07).

Mas Adi mengaku bangga dengan nafas kesenian yang dimiliki Sanggar Dharma Budaya. Menurutnya, usia 41 tahun bukanlah usia yang pendek.

BACA JUGA: Sharing Session Special Fest, Mas Adi Sampaikan Kebijakan Pemerintah Berikan Ruang Tumbuhnya Sektor Wirausaha

Parmin, pendiri sanggar, menurut Mas Adi, tentu telah mengalami dinamika yang cukup banyak bagaimana merintis, mengembangkan, membangun eksistensi, mengkader, berprestasi, hingga sekarang mencapai usia 41 tahun.

“Kalau usianya 41 tahun, berarti waktu saya masih 1 tahun, Pak Parmin sudah merintis sanggar ini,” ujar Mas Adi.

Sanggar seni budaya seperti Sanggar Dharma Budaya, kata Mas Adi, pada zaman sekarang perlu mengambil peran. Sebab di zaman serba cepat dan tak terbatas ini, budaya-budaya dari luar yang masuk tidak mungkin dapat disaring secara ketat.

BACA JUGA: Pameran Seni Rupa Dan Pasuruan Clothing Carnival, Mas Adi: Momentum Strategis Membangun Kebersamaan

Wilayah inilah yang memerlukan peran sanggar seni budaya. Selain untuk menyaring budaya-budaya dari luar yang positif untuk kemajuan kebudayaan Indonesia, juga untuk melestarikan seni budaya warisan leluhur, yakni seni tari.

Mas Adi mengatakan, dalam seni tari tidak hanya menekankan pada unsur teknik gerakan, ekspresi, melainkan juga ada pesan-pesan yang terkandung di dalam gerakan itu sendiri.

“Seni juga alat diplomasi. Kesenian adalah media diplomasi paling efektif,” kata Mas Adi.

BACA JUGA: Mas Adi Apresiasi Bank Sampah Sebagai Program Nasional Menuju Kota Pasuruan Kota Madinah

Mas Adi berharap Sanggar Dharma Budaya tetap eksis. Dengan prestasinya yang sudah mencapai nasional, bahkan internasional, Sanggar Dharma Budaya harus terus mencetak kader-kader masa depan yang terus melestarikan seni dan budaya warisan leluhur.

Tak hanya itu, sinergi dan kolaborasi dengan berbagai pihak seperti pemerintah, organisasi masyarakat, swasta, hingga media massa perlu untuk terus dijalin dengan baik.

“Dengan ilmu, hidup jadi mudah. Dengan agama, hidup jadi terarah. Dengan seni, hidup jadi indah,” pungkas Mas Adi. (oni/lna)

BERITA KHUSUS

Dok! Seluruh Fraksi di DPRD Ponorogo Setujui Perubahan SOTK Satpol PP dan RSUD

NUSADAILY.COM - PONOROGO - Usulan Raperda Perubahan kedua atas Perda No.6 Tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah untuk OPD Satpol PP yang...

BERITA TERBARU

Penemuan Perahu Kuno Kerajaan Powan di Sungai Andong Ngawi

NUSADAILY.COM – NGAWI – Warga menemukan sebongkah batang kayu yang diduga sebagai bangkai perahu kuno di sungai Andong Desa/Kecamatanan Jogorogo, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Baca...