Kamis, Oktober 21, 2021
BerandaNewsJatimEnam Domba Warga Probolinggo Mati Mendadak, Ini Penyebabnya

Enam Domba Warga Probolinggo Mati Mendadak, Ini Penyebabnya

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM-PROBOLINGGO-Warga Kelurahan Pakistaji Kecamatan Wonoasih, Kota Probolinggo dikagetkan dengan matinya beberapa domba milik warga secara mendadak.

Ada sejumlah 6 domba yang mati sejak Rabu , 11 Maret 2020 kemarin. Kondisi ini, membuat resah warga setempat, sebab beberapa warga punya hewan ternak seperti sapi, domba dan lainnya.

Domba tersebut milik Karman warga RT 04 RW 05 kelurahan setempat. Dombanya, ditemukan mati seketika seusai makan rumput segar hasil ngarit.

Beruntung, ia yang punya 8 ekor domba, masih menyisakan 2 yang masih hidup.

Menurut kerabat korban Yono Azis, domba tersebut diberi makan biasa pada selasa sekira pukul 14.00. Pada saat itu, juga tengah hujan sehingga rumput jadi basah.

Pukul 17.00 , domba dimasukkan kandang san kembali diberi rumput. Pada malam harinya, sempat terdengar suara domba, namun paginya domba-domba tersebut sudah mati.

“Itu domba punya sodara. Seperti biasa makan rumput yang dicari dari luar. Sore dikasih makan, paginya tiba-tiba sudah mati,”ucap Yono Kamis, 12 Maret 2020.

Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Kota Probolinggo yang mengetahui sudah mendatangi lokasi. Hewan diperiksa untuk mengetahui penyebab kematian.

Hasilnya, domba tersebut mati karena perut kembung atau tymphani. Hal itu karena adanya racun gas (intoxikasi saponin) yang ada pada rumput.

DPKPP pun mengimbau,rumput dari sawah hendaknya tidak langsung diberikan pada domba. Sebab, bisa menyebabkan kembung karena banyak gas yang dihasilkan oleh rumput dan bisa infeksi lambung.

Akibat kejadian itu korban mengaku menderita kerugian hingga Rp 10 juta. (ras)

- Advertisement -spot_img
Nusa Magz Edisi 46

BERITA POPULAR

- Advertisement -spot_img

BERITA KHUSUS

@nusadaily.com

Akhir-akhir ini Kota Malang panas banget nih, ngadem dulu yuk🍦🍦 ##tiktoktaiment

♬ Happy Ukulele - VensAdamsAudio

LIFESTYLE

Polda Metro Periksa Rachel Vennya Hari Ini

0
NUSADAILY.COM - JAKARTA - Penyidik Polda Metro Jaya berencana memeriksa ​selebgram Rachel Vennya terkait dugaan kabur dari isolasi di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet...