Sabtu, Oktober 23, 2021
BerandaNewsJatimDitresnarkoba Polda Jatim Tangkap Sindikat Narkoba Jaringan Internasional

Ditresnarkoba Polda Jatim Tangkap Sindikat Narkoba Jaringan Internasional

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – SURABAYA – Subdit I Direktorat Reserse Narkotika dan Obat Berbahaya Kepolisian Daerah Jawa Timur (Ditreskoba Polda Jatim), berhasil menangkap empat tersangka pengedar Narkotika jenis sabu jaringan Internasional.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Gatot Repli Handoko mengatakan, keempat tersangka diamankan di wilayah tol Jakarta – Tangerang.

“Tersangka yang diamankan ada 4 (empat) orang di depan Indomart Rest Area KM 14 Karang Tengah, Jalan Tol Jakarta – Tangerang, pada Selasa 6 Juli 2021, sekitar pukul 15.00 WIB,” ucap Kombes Pol Gatot Repli Handoko, Senin (27/9/2021) siang.

Empat tersangka yakni berinisial, DS, RZ, ST dan FK. Dari empat tersangka yang diamankan, terdapat satu orang seorang wanita.

BACA JUGA: Polisi Sergap Kawasan Diduga Sarang Peredaran Narkoba di Palembang

Sementara itu, Kompol James, Kasubdit II Ditresnarkoba Polda Jatim, menerangkan, awalnya petugas Ditresnarkoba polda jatim, mendapatkan informasi bahwa akan ada pengiriman sabu dari Afrika Selatan, ke Bandara Juanda Surabaya.

Anggota dari Ditnarkoba polda jatim akhirnya, berkoordinasi dengan petugas Bea Cukai dari bandara Juanda, kemudian di dapatkan hasil, bahwa barang narkotika jenis sabu tersebut tidak jadi dikirim melalui Bandara Juanda melainkan akan dikirimkan melalui bandara Soekarno Hatta di Jakarta.

Kemudian anggota dari Ditresnarkoba bersama petugas dari Bea Cukai Juanda, melakukan koordinasi dengan petugas dari Bea Cukai Soekarno Hatta, dimana akan ada paket yang akan dikirim dari Afrika Selatan.

Paket tersebut diduga sabu, kemudian dimasukkan ke dalam koper yang telah di modifikasi. Kemudian, petugas Bea dan Cukai Soekarno Hatta, memberikan dua koper itu kepada petugas dari Ditresnarkoba polda jatim.

“Kemudian kami lakukan Control Delivery terhadap penerima paket tersebut. Dan melakukan titik temu di Rest Area KM 14 Karang Tengah, Jalan Tol Jakarta-Tangerang, Kota Tangerang,” jelas Kompol James.

Dari pengembangan barang bukti tersebut diatas, petugas Ditresnarkoba Polda Jatim bersama pihak ekspedisi yang tertera disebuah paket tersebut melakukan penyerahan dengan cara petugas ekspedisi bersama dengan petugas kepolisian Ditresnarkoba Polda Jatim untuk dilakukan Controlled Delivery, yaitu teknik penyelidikan/ penyidikan (penyerahan yang diawasi) terhadap tersangka RA.

Selanjutnya, petugas ekspedisi mencoba mengubungi nomor yang berada pada paket tersebut, namun tidak diangkat. Setelah itu tidak berselang lama tersangka RA mengirim sebuah SMA yang mnegatakan bahwa ia akan menganbil paket di Apartement City Parkir Cengkareng.

Setelah petugas ekspedisi bertemu dengan tersangka RA yang bersama tersangka ICK dan proses penyerahan paket tersebut telah dilaksanakan, seketika itu penangkapan dilakukan.

BACA JUGA: Polisi Ringkus 89 Pengedar Narkoba di Sidoarjo dalam 12 Hari

Selanjutnya petugas menyuruh membuka isi paket tersebut yang ternyata berisi narkotika dan diakui kedua tersangka bahwa itu adalah miliknya.

Kemudian setelah dilakukan interogasi terhadap para tersangka, bahwa sabu tersebut akan diserahkan kepada pemilik barang yaitu saudara Juragan alias Eman. Yang saat ini masih menjadi Daftar Pencarian Orang (DPO).

Dari penangkapan para tersangka, petugas berhasil mengamankan barang bukti. Diantaranya, 2 (dua) bungkus plastik yang didalamnya diduga narkotika jenis sabu dengan berat kotor seluruhnya 4.067 gram. Dua koper warna merah, satu unit mobil Datsun warna hitam Nopol AB 333 LT.

Terhadap para tersangka, mereka akan dikenakan Pasal 114 Ayat (2) UU RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika. Dan Pasal 112 Ayat (2) UU RI No. 35 tahun 2009. Serta Pasal 132 Ayat (1) UU RI No. 35 tahun 2009. (als/lna)

- Advertisement -spot_img
Nusa Magz Edisi 46

BERITA POPULAR

- Advertisement -spot_img

BERITA KHUSUS

@nusadaily.com

Akhir-akhir ini Kota Malang panas banget nih, ngadem dulu yuk🍦🍦 ##tiktoktaiment

♬ Happy Ukulele - VensAdamsAudio

LIFESTYLE

Bali

Kabar Gembira, Kawasan Wisata GWK Cultural Park Buka Kembali

0
NUSADAILY.COM - BADUNG - Kawasan pariwisata Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park di Kabupaten Badung, Bali, buka kembali untuk kunjungan bagi wisatawan setelah ditutup sejak bulan...