Kamis, Desember 9, 2021

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsJatimDihantui Covid-19, Gubernur Minta PMI Jemput Bola Para Pendonor Darah

Dihantui Covid-19, Gubernur Minta PMI Jemput Bola Para Pendonor Darah

NUSADAILY.COM – SURABAYA – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa membangun sinergi dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Jatim untuk mengamankan stok darah saat penanganan pasien Pandemi Corona dengan cara menjemput bola, menjemput para pendonor di tempat tinggalnya.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Selain itu, Gubernur Jatim Khofifah berharap PMI juga bisa menyiagakan mobil transfusi darah (mobil donor darah), di sejumlah kantor pemerintah/BUMN/BUMD secara bergiliran.

Upaya jemput bola lainnya adalah dengan menyiapkan ambulans khusus untuk mobilitas penjemputan bagi pendonor yang rutin, namun akibat Covid mereka tidak bisa keluar karena ada social distancing.

Hal itu untuk mengantisipasi kebutuhan darah dan pemenuhan stok darah yang sempat menurun sejak Covid-19 merebak. Sebagian besar pendonor tinggal di rumah sehingga yang donor di unit tranfusi darah menjadi berkurang.

“Keberadaan mobil donor darah milik PMI diharapkan bisa menjangkau luar para pendonor darah di Jatim bisa tetap mendonorkan darahnya di saat merebak wabah covid-19. Banyak dari pegawai BUMN maupun BUMD, karyawan Pemprov Jatim siap melakukan donor darah sehingga stok darah bisa terpenuhi. Kami siap jika PMI Jatim menempatkan mobil keliling PMI di Grahadi maupun kantor Pemprov. Waktunya bisa dilakukan secara bergilir,” ungkap Khofifah, di Kantor PMI Jatim, Surabaya, Sabtu, 4 April 2020.

Khofifah menyadari dampak pembatasan aktivitas sosial terhadap pasokan stok darah yang diterima Palang Merah Indonesia (PMI) karena itu PMI diharapkan meningkatkan aksi jemput bola sesuai protokol pembatasan sosial.

Peran PMI Jatim sangatlah strategis terutama dalam penanganan bencana alam maupun bencana non alam. Terutama wabah pandemi Covid-19 seperti saat ini.

“Allhamdulillah kami melihat kecepatan PMI Jatim dalam menjangkau para pendonor maupun memberikan langkah preventif kepada masyarakat Jatim. Kami juga akan memberikan bantuan Hibah kepada PMI Jatim sebesar Rp 1 Milliar untuk mempercepat pencegahan Covid-19 di Jatim,” ujarnya.(ima)

- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com

Peningkatan aktivitas gunung Semeru ##tiktokberita

♬ suara asli - Nusa Daily