Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaNewsJatimBupati Jember Perintahkan Pejabat Percepat Tender Sejak Awal 2022

Bupati Jember Perintahkan Pejabat Percepat Tender Sejak Awal 2022

NUSADAILY.COM – JEMBER – Para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Jember mendapat instruksi dari Bupati Jember Hendy Siswanto untuk meningkatkan performanya di tahun 2022.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Perintah tersebut ditujukan untuk semua kepala organisasi perangkat daerah (OPD) atau pemegang kendali instansi berupa dinas, badan, dan kantor. Mereka diwajibkan bergerak cepat menjalankan tugas.

Hendy menyebut, salah satu tolok ukur darinya dalam menilai kinerja adalah tingkat capaian pengadaan barang dan jasa. Sebab, hal itu berkorelasi dengan serapan anggaran atas program yang telah dicanangkan melalui APBD 2022.

BACA JUGA: Komisi C DPRD Jember Warning Uang Ratusan Miliar Harus Wujud Perbaikan Jalan

“Terkait pengadaan barang dan jasa saya monitor teman-teman OPD belum input RUP (Rencana Umum Pengadaan),” ungkap Hendy lewat rekaman suara dalam rapat koordinasi pejabat yang diterima nusadaily.com pada Jumat, 14 Januari 2022.

Dia mengkritik para pejabat yang cenderung membuang-buang waktu, karena tidak segera menyusun RUP sebagai langkah awal kerja mereka. Padahal, sekarang sudah memasuki pertengahan bulan pertama tahun ini.

Atas kondisi tersebut, Hendy memberi tempo hingga sepekan kedepan bagi para pejabat untuk merampungkan RUP.

BACA JUGA: Bupati Jember Kirim Surat ke Kemenkeu Untuk Ajukan Tambahan DAU

Selain itu, juga menetapkan limitasi waktu bagi pejabat dalam memproses seleksi penyedia jasa sebelum bulan Januari 2022 berakhir.

“Jadi, tolong semuanya jangan membuang waktu dengan target saya pada tanggal 24 Januari nanti ada yang tender. Tender apa saja, tolong dicicil pekerjaannya,” seru Hendy.

Menurutnya, jika seleksi penyedia berlangsung cepat, maka seluruh program dan kegiatan yang termaktub dalam APBD tertunaikan tepat waktu.

BACA JUGA: Ketua Komisi C DPRD Jember Kelupas Aspal Pakai Jari, Bukan Hoax! Begini Penjelasan Dinas PU Bina Marga

Hendy mengingatkan para pejabat bekerja lebih baik di tahun ini daripada tahun 2021 lalu yang hanya mencapai serapan anggaran 85 persen.

“Kemarin sudah bagus, jangan sampai mundur tidak ada gunanya. Saya minta semua pekerjaan termasuk yang fisik harus kelar bulan Mei,” tegas Hendy.

Harapannya setelah itu tinggal menyisakan sedikit pekerjaan yang alokasinya melalui Perubahan APBD. Itupun juga ditarget rampung dikerjakan secara cepat sebelum tutup tahun anggaran 2022.

“Diluar PAK (Perubahan Alokasi Keuangan) selesai Mei. Sedangkan, PAK paling lambat kelar di bulan September. Kemudian, bulan-bulan berikutnya sampai Desember tidak ada lagi pekerjaan kecuali yang rutin,” papar Hendy.

BACA JUGA: PNS Jember Terpidana Korupsi Dipecat, Berikutnya Tugas Jaksa Eksekusi Hukuman Penjara

Seperti diketahui, APBD Jember tahun 2022 sebesar Rp4,4 triliun. Program prioritas diantaranya di bidang infrastruktur untuk melanjutkan agenda perbaikan 600 kilometer jalan dengan tanggungan biaya tersisa sebesar Rp449 miliar dari skema anggaran tahun jamak atau multiyears.

Tahun 2022 juga ditandai dengan promosi pejabat melalui seleksi terbuka pada tingkat eselon II untuk sekitar 13 instansi. Bahkan, struktur organisasi telah dirampingkan dengan menghapus 253 pos jabatan eselon IV yang seluruhnya menjadi pejabat fungsional. (sut/lna)

BERITA KHUSUS

BERITA TERBARU

Melihat Ancaman ‘Kiamat’ Baru di China

NUSADAILY.COM – BEIJING - Bukan hanya menghadapi masalah tingkat kelahiran yang rendah, China kembali menghadapi masalah baru. Negara itu menghadapi kekeringan dan gelombang panas,...