Minggu, Oktober 17, 2021
BerandaNewsJatimBanyak Tak Layak Huni, Rumah Warga Secara Bergantian Dibongkar

Banyak Tak Layak Huni, Rumah Warga Secara Bergantian Dibongkar

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – MOJOKERTO – Banyaknya rumah yang tak layak huni di Mojokerto, membuat salah satu komunitas peduli lingkungan melakukan pembongkaran dan pembangunan secara swadaya sejak akhir tahun 2020.

Satu persatu rumah warga yang tak layak huni dilakukan pembenahan setiap bulannya. Saat ini pembongkaran dilakukan di rumah wanita bernama Satun warga Dusun Terongmalang, Desa Candiwatu, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto.

“Ini kali kedua kita lakukan pembongkaran dan pembangunan rumah warga yang memang tak layak huni,” ucap Ketua Komunitas Welirang Mojokerto, Nuruddiyan Kholiq, pada Minggu, 3 Januari 2021.

Sebelumnya, awal Desember tahun lalu pertama kalinya dilakukan kegiatan swadaya yang melibatkan puluhan anggota masyarakat tersebut di Dusun Sumberbendo, Desa Candiwatu, Kecamatan Pacet milik Imam.

“Sementara masih wilayah Pacet, sebab kami memang berada di sini. Jasi menyisir lokasi yang terdekat dahulu,” ucapnya Delta sapaan akrabnya, pada nusadaily.com.

Ia menyebut, kegiatan ini berawal dari masih banyak dijumpai sejumlah bangunan rumah milik warga yang tak layak huni di Mojokerto. Bahkan, tak sedikit warga yang tak mampu membangun kembali tempat tinggal mereka.

“Kita awalnya (anggota komunitas) survei dulu, keliling lokasi mana saja yang membutuhkan bantuan rehab. Lalu kita rundingkan dengan pemilik rumah, dan perangkat setempat untuk dilakukan pembenahan sesuai ukuran rumah awal,” beber Delta.

Pria kelahiran tahun 1974 ini, menyebut setiap bangunan rumah mencapai nominal Rp 25 juta sampai Rp 30 juta yang dihasilkan dari urunan puluhan anggota komunitas secara suka rela setiap bulannya.

Pembangunan sendiri tak memakan waktu lama, hanya berkisar sembilan hari sampai empat belas hari.

“Semua dari kami, tukang, material bangunan. Warga langsung terima jadi saja, siap tempati,” imbuhnya.(din/aka)

- Advertisement -spot_img

BERITA POPULAR

AnyFlip LightBox Embed Demo

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

berita khusus

Gerakan Gempur Rokok Ilegal yang Digalakkan Bea Cukai Sasar Desa Olean

NUSADAILY.COM - SITUBONDO - Gerakan gempur rokok ilegal (GGRI) yang digalakkan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kabupaten Situbondo Bea Cukai Jember serta Kejari menyasar...