Senin, Januari 24, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsJatimAwas! Jatim Masuk Daftar 19 Daerah yang Berpotensi Alami Gelombang Tinggi-Banjir Rob...

Awas! Jatim Masuk Daftar 19 Daerah yang Berpotensi Alami Gelombang Tinggi-Banjir Rob 8-10 Desember

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Jawa Timur (Jatim) menjadi salah satu daerah yang masuk dalam 19 daerah yang diprediksi terdampak gelombang tinggi dan banjir rob di seluruh Indonesia.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Hal itu sampaikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), dalam peringatan dini gelombang tinggi dan banjir pesisir (rob) yang akan mulai berlaku mulai 8 sampai 10 Desember 2021.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, hal itu dipengaruhi oleh kondisi atmosfer saat ini. Berdasarkan pantauan pihaknya, ditemukan pola sirkulasi siklonik dan seruakan dingin aktif di Laut Cina Selatan memberikan dampak yang signifikan pada peningkatan tinggi gelombang mencapai 4-6 m di wilayah perairan Natuna.

Selain itu, kondisi kecepatan angin signifikan berkisar berkisar 25-30 Knot terpantau di samudera Pasifik timur Filipina juga memberikan dampak terhadap peningkatan tinggi gelombang mencapai 4-6 m di wilayah Utara Indonesia bagian Timur.

“Hal ini juga bersama dengan fase bulan baru dan kondisi perigee (jarak terdekat bumi) yang berpotensi menyebabkan terjadinya peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang lebih signifikan dan potensi banjir pesisir (rob),” kata Dwikorita dalam konferensi pers virtual, Rabu (8/12).

Berikut beberapa wilayah yang diprediksi akan terdampak pada periode 8-10 Desember:

1. Kepulauan Natuna
2. Kepulauan Riau
3. Bangka Belitung
4. Lampung
5. Banten
6. DKI Jakarta
7. Jawa Barat
8. Jawa tengah
9. Jawa timur
10. Kalimantan barat
11. Kalimantan Selatan
12. Kalimantan timur
13. Sulawesi Barat
14. Sulawesi Utara
15. Gorontalo
16. Ternate
17. Halmahera
18. Papua Barat (bagian Utara)
19. Papua (bagian Utara)

Dwikorita menyampaikan, kondisi itu berpotensi terjadi kembali pada tanggal 18-22 Desember 2021 akibat adanya fenomena fase bulan purnama pada 19 Desember 2021.

Terkait itu, pihaknya meminta agar masyarakat tetap siaga dan waspada.

“Masyarakat diimbau agar selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak gelombang tinggi dan pasang muka air laut tersebut,” ucapnya.(han)

- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com Nadzira Shafa sempat hamil anak Ameer Azzikra #tiktoktaiment ♬ Filtered Light - Nik Ammar / Mike Reed