Senin, September 26, 2022
BerandaNewsJatim14 Halte Trans Jatim di Sidoarjo Siap Beroperasi Mulai 19 Agustus

14 Halte Trans Jatim di Sidoarjo Siap Beroperasi Mulai 19 Agustus

NUSADAILY.COM – SIDOARJO – Pemprov Jawa Timur akan menyiapkan tranportasi publik bernama Trans Jatim yang melewati wilayah aglomerasi Sidoarjo, Surabaya, dan Gresik. Di Sidoarjo, saat ini 14 halte sudah siap beroperasi.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Dinas Perhubungan Kabupaten Sidoarjo menyebut, koridor I Bus Trans Jatim ini akan mulai beroperasi tanggal 19 Agustus 2022 mendatang.

Rencananya Koridor I Bus Trans Jatim akan diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur di Terminal Porong Sidoarjo.

BACA JUGA: Aglomerasi Trans Jatim, Dishub Gresik: Hidupkan Kembali Jasa Angkutan Kota

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sidoarjo, Beny Airlangga mengatakan, koridor I Bus Trans Jatim akan melayani tiga kota berangkat dari Porong Sidoarjo, lalu Surabaya transit ke Terminal Purabaya, baru melanjutkan ke Gresik dengan melewati jalan tol.

“Berangkat dari Porong melewati Kota Sidoarjo masuk jalan tol. Kemudian ke Terminal Purabaya, kembali lagi masuk jalan tol arah Gresik,” kata Beny, Sabtu (13/8/2022).

Beny menjelaskan, pihak Dinas Perhubungan Kabupaten Sidoarjo telah melakukan perbaikan 14 halte. Rinciannya 8 halte milik Pemkab Sidoarjo dan 6 halte milik Pemprov Jatim. Halte-halte tersebut terletak di jalan-jalan yang akan dilalui oleh bus tersebut.

“Perbaikan semua halte dan terminal bus yang ada di Porong sudah siap dipakai. Ada 8 halte dari arah Porong ke Gresik, kemudian arah sebaliknya ada 6 halte,” jelas Beny, mengutip detikJatim.

Dari Terminal Porong Bus melewati Jalan Raya Porong lama, Jalan Raya Tanggulangin, Candi, Jalan Diponegoro, Jalan Pahlawa kemudian masuk jalan tol. Sementara itu dari arah sebaliknya, melewati jalan yang sama.

BACA JUGA: Launching JIS, TransJakarta Sediakan Bus Gratis, Ini Rutenya

Untuk jarak tempuh dari Terminal Porong ke Terminal Purabaya dilanjutkan ke Gresik sekitar 72 kilometer, ditempuh dalam waktu antara 2,5 sampai 3 jam.

Untuk penumpang khusus pelajar dan santri dikenakan tarif Rp 2.500. Sementara itu penumpang umum tarifnya Rp 5 ribu.

“Untuk jadwal Bus Trans Jatim bisa dilihat di aplikasi Trans Jatim-Ajaib. Masyarakat dengan mudah mengakses aplikasi itu,” terang Beny.

Ia mengharapkan bahwa masyarakat Sidoarjo yang akan bekerja di Surabaya atau Gresik bisa memakai tranportasi Bus Trans Jatim tersebut. Pihak Dinas Perhubungan Sidoarjo akan menyediakan lahan parkir di sekitaran Terminal Porong.

“Dengan adanya angkutan Bus Trans Jatim ini bisa meminimalisir kemacetan di jalan protokol di Sidoarjo,” tandas Beny.(lna)

BERITA KHUSUS

Unipma Lakukan Pengabdian Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Digitalisasi Pasar Desa Klumutan Saradan Madiun

NUSADAILY.COM – MADIUN - Kemiskinan merupakan salah satu permasalahan yang saat ini dihadapi oleh sebagian besar masyarakat kita, khususnya masyarakat yang tinggal di pedesaan....

BERITA TERBARU

Ledakan Bahan Mercon di Asrama Brimob Sukoharjo, Begini Kondisi Terkini TKP

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Ledakan bahan mercon terjadi di kawasan asrama polisi kawasan Markas Brimob Kompi 1 Batalyon C Pelopor, Telukan, Grogol, Sukoharjo, tadi...