Isi Kekosongan OPD, Mutasi Dulu Sebelum Pelaksanaan Open Bidding

  • Whatsapp
Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko melantik JPTP, administrator, pengawas, fungsional pada Desember 2020 lalu. Pelantikan ini disesuaikan dengan perubahan SOTK baru.
banner 468x60

NUSADAILY.COM -KOTA BATU- Mutasi jabatan bakal disiapkan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Batu. Mutasi jabatan dilakukan untuk mempersiapkan open bidding bagi Jabatan Pimpinan Tertinggi Pratama (JPTP) di beberapa kursi kepala SKPD yang dijabat pelaksana tugas (Plt).

Baca Juga

Kepala BKPSDM Kota Batu Siswanto mengatakan, langkah ini dilakukan sebelum dilaksanakan open bidding bagi JPTP kosong. Pihaknya akan melakukan mutasi atau rotasi bagi pejabat eselon III maupun eselon IV untuk mengisi kebutuhan jabatan sebelum dilakukan open bidding.

“Jadi sebelum open bidding bagi eselon II, kami akan melakukan mutasi atau rotasi, baik bagi eselon II, II dan IV,” imbuh mantan Kepala Diskominfo Kota Batu itu.

Ia melanjutkan, rotasi jabatan penting dilakukan karena ada beberapa kepala OPD tertentu yang tak bisa diisi orang baru dari eselon III atau inspekstur. Ia menerangkan, misal untuk kabid atau sekretaris tidak mungkin langsung jadi asisten yang mengkoordinir kepala dinas. Sehingga perlu dilakukan mutasi atau rotasi jabatan.

Mutasi untuk Penataan

“Mutasi ini nanti dilakukan untuk penataan siapa yang layak untuk isi kepala SKPD. Mutasi juga harus ada rekom dari KASN (Komisi Aparatur Sipil Negara). Mutasi juga ada proses uji kompetensi seperti open bidding,” bebernya.

Pada akhir Desember 2020 lalu, Pemkot Batu telah mengukuhkan 490 ASN yang disesuaikan dengan susunan organisasi tata kerja (SOTK) baru di Pemkot Batu. Sehingga perlu dilakukan pelantikan dan pengukuhan pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Batu.

“Kami tegaskan jika akhir Desember lalu itu adalah pelantikan pada 490 ASN setara pimpinan tinggi pratama, administrator, pengawas dan fungsional berada di GOR Gajahmada. Jadi bukan mutasi, tapi pelantikan pejabat dengan adanya SOTK baru,” terangnya.

Pelaksanaan mutasi dan open bidding, lanjut Siswanto, masih mengunggu rekom dari KASN. Padahal sudah dua lalu Pemkot Batu telah bersurat ke KASN untuk permintaan mutasi sekaligus open bidding.

Diketahui saat ini untuk lima KPD kosong. Untuk mengisi kekosongan jabatan ditunjuk Plt. Di antaranya Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan, Badan Pendapatan Daerah, dan Inspektur Inspektorat. Kemudian Bangkesbangpol dan Kabag Pemerintahan.(wok/aka)