Minggu, Januari 23, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsInilah Pasangan Cewek-Cowok yang Pertama Mendaki Gunung Semeru

Inilah Pasangan Cewek-Cowok yang Pertama Mendaki Gunung Semeru

NUSADAILY.COM – MALANG – Tahukan anda, siapa orang pertama yang tercatat mendaki Gunung Semeru di era modern? Rupanya dia adalah orang Eropa, sepasang cewek dan cowok yang bernama Clignet dan Winny Brigita.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Berdasarkan wikipedia, keduanya mendaki di tahun 1838. Kedua sijoli itu adalah seorang ahli geologi berkebangsaan Belanda. Mereka menempuh jalur dari sebelah barat daya melalui Widodaren. Sayangnya tidak tercatat lebih rinci mulai kapan keduanya naik dan kapan turunnya. Namun, dua orang inilah yang tercatat dalam sejarah modern di tahun 1800 an.

Meskipun diyakini jauh sebelum keduanya datang, warga pribumi di sekitar Gunung Semeru sudah banyak yang naik hingga ke puncaknya. Hal itu bisa dibuktikan dengan ditemukannya sejumlah arca kuno yang dipercaya sudah ada sejak zaman Mapahit atau bahkan sebelumnya.

Selanjutnya pendaki kedua adalah Junghuhn di tahun 1945. Dia adalah seorang ahli botani berkebangsaan Belanda, mendaki dari utara lewat gunung Ayek-Ayek, Gunung Inder-Inder dan Gunung Kepolo. Diduga dia naik bukan hanya untuk liburan atau sekadar bersenang-senang. Tetapi untuk melakukan penelitian.

Berikutnya pada tahun 1911, Van Gogh dan Heim juga mendaki melalui lereng utara. Dan setelah tahun 1945 umumnya pendakian ke Gunung Semeru dilakukan lewat lereng utara melalui Ranu Pani dan Ranu Kumbolo hingga saat ini.(*/lid)

@nusadaily.com Nadzira Shafa sempat hamil anak Ameer Azzikra #tiktoktaiment ♬ Filtered Light - Nik Ammar / Mike Reed