Hujan Deras, Sejumlah Titik di Kota Malang Banjir

  • Whatsapp
banner 468x60

Baca Juga

NUSADAILY.COM – MALANG – Hujan deras melanda Kota Malang, Selasa (5/1/2021) sore. Akibatnya, sejumlah titik di Kota Malang mengalami banjir.

Peristiwa banjir tersebut juga sempat viral di media sosial. Salah satu akun facebook, yakni Alfir Ridho memosting banjir yang menutupi trotoar di Jalan Letjen S. Parman.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Malang, Ali Mulyanto mengungkapkan, banjir tersebut disebabkan karena curah hujan yang sangat tinggi. Apalagi, saluran drainase untuk menampung air hujan juga tersumbat sampah.

“Hujan itu kan rahmat, tetapi memicu (banjir) dengan volume yang ada. Selain itu, bisa disebabkan karena saluran drainase penuh sampah juga,” kata dia.

Selama hujan lebat tersebut, terjadi banjir di sejumlah titik. Seperti Jalan Letjen Sutoyo. Serta, ada beberapa titik lain yang menjadi langganan banjir.

“Ada di kawasan Malang City Point (MCP), Jalan Bondowoso, Galunggung, wilayah Bareng, Kasin, Soekarno Hatta (Suhat), Jalan Borobudur, Jalan S. parman, Sulfat, Sawojajar dan masih ada yang lain juga,” papar dia.

Alie mengatakan, perkiraan kedalaman air tersebut bisa mencapai 50 cm atau setara dengan tinggi lulut orang dewasa.

“Kedalamannya sekitar 50 cm lah. Untuk yang tertinggi bisa sampai setengah meter. Dari pemantauan sendiri paling parag di depan Rumah Sakit (RS) Universitas Brawijaya (UB),” kata dia.

Untuk proses penanganannya, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang terus mengadakan gerakan angkat sampah dan sedimen (gass) hingga sumur injeksi dan biopri untuk penampungan air.

“Jangan membuang sampah di sungai, karena itu sebenarnya menjadi permasalahan yang mengakibatkan banjir di Kota Malang. Bagaimana pun kita harus membuang sampah pada tempatnya,” tandas dia.(nda/aka)