Rabu, Agustus 10, 2022
BerandaNewsJatimHeboh Kasus Siswi Bantul Dipaksa Pakai Jilbab, Ternyata di Malang Juga Ada

Heboh Kasus Siswi Bantul Dipaksa Pakai Jilbab, Ternyata di Malang Juga Ada

NUSADAILY.COM – KOTA MALANG – Beberapa waktu belakang, publik tengah dihebohkan dengan kasus seorang siswi di SMA Negeri 1 Bangutapan, Kabupaten Bantul mengalami depresi setelah diduga dipaksa mengenakan jilbab oleh guru di sekolah.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Belum tuntas kasus tersebut bergulir hingga ke ranah Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), rupanya kasus serupa diduga turut terjadi di salah satu sekolah swasta di Kota Malang.

Dugaan pemaksaan siswa untuk memakai jilbab ini diungkap oleh seorang wali murid dalam akun Facebooknya, Dyah Purana.

Dyah menyebut, sang anak bersekolah di salah satu SMP umum atau swasta di Kota Malang.

BACA JUGA: KPAI dan Kemendikbudristek Temui Pihak Korban Pemaksaan Jilbab di Bantul

“Buk, Boleh Gak Sih Aku Ngaku Ateis Aja daripada Dipaksa Berjilbab di Sekolah? Hatiku langsung menangis, mendengar anak gadisku bertanya seperti itu,” tulis Dyah membuka kalimatnya, dilihat Nusadaily.com, Jumat (5/7/2022).

Peraturan Tidak Tertulis

Dyah mengatakan, di sekolah tempat anaknya menimba ilmu terdapat peraturan tidak tertulis yang mengharuskan para siswi mengenakan jilbab di hari Jumat.

“Institusi pendidikan macam apa yang telah aku pilih untuk sekolah anakku, sehingga ada praktik pemaksaan yang dibungkus kalimat ‘peraturan sekolah’,” ujarnya.

Menurutnya, peraturan wajib jilbab tersebut digaungkan secara masif oleh para guru di forum umum seperti upacara atau acara khusus.

Bahkan, ia mengatakan, para guru menegur dan menemui langsung para siswi yang tak menjalankan peraturan tak tertulis tersebut.

“Ada juga beberapa guru yang bertanya langsung empat mata dengan anak gadisku mengapa dia tidak kunjung berjilbab padahal sudah banyak sindiran intimidasi di sekolah. Bahkan seorang guru perempuan dengan tebuka di kelasnya memarahi 4 siswi yang tidak berjilbab,” katanya.

BERITA KHUSUS

Dok! Seluruh Fraksi di DPRD Ponorogo Setujui Perubahan SOTK Satpol PP dan RSUD

NUSADAILY.COM - PONOROGO - Usulan Raperda Perubahan kedua atas Perda No.6 Tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah untuk OPD Satpol PP yang...

BERITA TERBARU

Penemuan Perahu Kuno Kerajaan Powan di Sungai Andong Ngawi

NUSADAILY.COM – NGAWI – Warga menemukan sebongkah batang kayu yang diduga sebagai bangkai perahu kuno di sungai Andong Desa/Kecamatanan Jogorogo, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Baca...