Hanya di Jember, Sering Terjadi Sekolah Roboh, Plafon Puskesmas Runtuh

  • Whatsapp
banner 468x60

NUSADAILY.COM – JEMBER – Insiden gedung publik ambruk terus menjadi perisitiwa beruntun di Kabupaten Jember sepanjang tahun 2019 sampai penghujung 2020. Baru saja kembali terjadi peristiwa sebuah gedung sekolah taman kanak-kanak (TK) yang ambruk dan plafon Puskesmas runtuh.

TK yang mengalami kejadian nahas itu berada di Dusun Tegal Paron, Desa Selodakon, Kecamatan Tanggul. Salah seorang warga setempat merekam situasi di lokasi pasca kejadian pada Minggu, 6 Desember 2020.

“TK Tegal Paron rempak (ambruk),” terdengar suara seorang laki-laki dengan bahasa Madura sambil merekam bangunan yang runtuh dan mulai terlihat banyak warga sekitar turut berdatangan.

Dalam video itu tergambar jelas gedung dan atap sederet beberapa ruang kelas luluh lantak ke tanah. Hanya tersisa satu ruangan lain disebelahnya yang tidak ikut roboh. Sejumlah warga berusaha membersihkan puing-puing bangunan.

Di lain tempat, plafon Puskesmas Pembantu Desa Rowotamtu, Kecamatan Rambipuji runtuh meski baru dua tahun lalu telah diperbaiki dengan menggunana dana negara hingga ratusan juta rupiah.

Dari papan nama proyek yang masih ada tertera rehab dilakukan pada tahun anggaran 2018 oleh Dinas Kesehatan Jember. Melalui rekanan CV Karya Wasik Perkasa dengan kontrak Rp 688 juta.

Kepala Puskesmas Pembantu Rowotamtu, Kurnia Puspitawati mengetahui posisi atap sudah ambruk. Setelah petugas kebersihan melapor kepadanya pada Sabtu, 5 Desember 2020.

“Jam 07.00 WIB pagi. Saksi mata bagian yang bersih-bersih mengabari saya melalui whatsapp. Selain itu ruangan KIA waktu pintu dibuka sedikit plafon langsung runtuh semua di beberapa sisi,” tuturnya.

Nusadaily.com merangkum rentetan kejadian sekolah ambruk maupun kerusakan fasilitas publik lainnya di Jember.

Sekolah ambruk di Jember terjadi beruntun dalam rentang waktu yang berdekatan dalam setahun terakhir ini.

Data Sekolah Ambruk di Jember

  1. Tanggal 3 Desember 2019 pendopo Kantor Kecamatan Jenggawah ambruk saat masih dalam proses rehab mengakibatkan seorang pengangkut semen terluka parah.
  2. Tanggal 14 Desember 2019 lalu, atap dua ruang kelas SDN Keting 02, Kecamatan Jombang, runtuh hanya berselang beberapa hari selesai digarap oleh rekanan.
  3. Tanggal 19 Desember 2019, giliran SDN Selodakon 03, mengalami bencana robohnya salah satu ruang kelas dan ruang guru usai diguyur hujan deras.
  4. Tanggal 8 Januari 2020, berlanjut ambruknya ruang kelas SDN Curahkalong 5, di Kecamatan Bangsalsari, lantaran terlalu lama dibiarkan tanpa renovasi.
  5. Tanggal 29 Mei 2020, beberapa ruang SDN Klompangan, Kecamatan Ajung, roboh termasuk yang difungsikan untuk tempat ngantor para guru di sekolah itu.
  6. Tanggal 13 April 2020, atap teras pendopo Wahya Wibawa Graha sepanjang lebih 5 meter runtuh secara tiba-tiba.
  7. Tidak sampai sebulan berikutnya, pada 11 Juni 2020 saat cuaca cerah terang benderang, teras ruang guru SDN Sabrang 03, Kecamatan Ambulu, tiba-tiba runtuh.
  8. Tanggal 19 Oktober 2020, dua ruang kelas SMP Negeri 5 Silo, di Kecamatan Silo, luluh lantak diguyur hujan dan tergerus air sungai yang meluap.
  9. Tanggal 23 September 2020, puluhan meter plafon Puskesmas di Kecamatan Gumukmas berjatuhan ke lantai.
  10. Tanggal 1 November 2020, tragedi ambruknya pendopo kantor Kelurahan Sumbersari, Kecamatan Sumbersari yang mengalami kerusakan sangat parah.
  11. Tanggal 12 November 2020, SDN Rowotengah 03 di Kecamatan Sumberbaru, mengalami tragedi ambruknya ruang kelas dan atap perpustakaan.
  12. Tanggal 1 Desember 2020, sebagian atap SDN Karangsono 04, di Kecamatan Bangsalsari ambruk di bagian teras yang berdekatan dengan tiang bendera.
  13. Tanggal 5 Desember 2020, plafon Puskesmas Rowotamtu di Kecamatan Rambipuji runtuh tanpa sebab jelas.

Seluruh catatan itu belum terus menjadi sorotan publik dan sedang menjadi perhatian luas. Karena diperkirakan oleh banyak pihak sebagai akibat dari ketiadaan Perda APBD. Sehingga, hanya memakai anggaran untuk kegiatan rutin dan sama sekali tiada dana untuk pembangunan. (sut/aka)