Senin, Desember 6, 2021

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsEmas 23 Gram Milik Nenek Magetan Raib Digondol Petugas Vaksin Gadungan

Emas 23 Gram Milik Nenek Magetan Raib Digondol Petugas Vaksin Gadungan

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – MAGETAN – Musibah menimpa seorang nenek bernama Mariyatun (66) warga Dusun Kejuron Desa Sumberdukun Kecamatan Ngariboyo Kabupaten Magetan Rabu 24 Nopember 2021.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Ia tertipu dengan petugas gadungan yang menawarkan vaksin hingga bantuan COVID-19 kepadanya.

Mbak Mariyatun menuturkan, awalnya ia didatangi sekitar dua orang pemuda yang mengaku petugas vaksin. Petugas gadungan itu menanyakan apakah dirinya sudah vaksin, pertanyaan berlanjut terkait bantuan sosial terdamapak COVID-19, apakah sudah menerima atau belum.

Baca Juga: Rumah Nenek Rubi Belum Terdaftar Usulan RTLH Pemkab Magetan

“Awalnya datang ke rumah dua orang. Tanya ‘apakah sudah vaksin mbah?’, ‘apakah terima bantuan COVID-19?’,” aku Mbah Mariyatun saat ditemui nusadaily.com di rumahnya, Jumat (26/11/2021).

Sejurus kemudian, dua pelaku kemudian menawarkan bantuan sembako dan emas kepada Mbah Mariyatun.

“Mana mbah emas sampeyan biar sama nanti ngirim bantuannya?,” lanjut Mbah Mariyatun menirukan kata-kata pelaku.

Baca Juga: Nenek 78 Tahun di Magetan Sembuh dari COVID-19

Karena ketidaktahuan korban, akhirnya Mbah Mariyatun menuruti perkataan petugas gadungan tersebut dan mengambil emas simpanannya yang ada di kamar dan menujukkan kepada pelaku.

Usai mengeluarkan emas dan buku tabungan, korban kemudian didatangi satu orang lagi rekan pelaku yang membawakan hadiah berupa kompor gas. Kemudian mengajak korban ke dapur untuk mencoba.

“Ayo mbah kita cobain kompor gas barunya, bisa apa enggak, kalo gak bisa nanti langsung diganti. Saya ikut saja ke dapur, nyoba kompor gas tersebut,” ujar korban.

Baca Juga: Nenek 73 Tahun di Magetan Positif Corona

Tenyata pelaku rekan yang membawa kompor gas tersebut sebagai pengalihan, agar dua pelaku yang sebelumnya bisa menggasak emas dan buku tabungan Mbah Mariyatun.

“Pada saat saya ke dapur tersebut itulah, salah satu pelaku membawa perhiasan dan buku tabungan di kamar saya,” terangnya.

Korban baru sadar perhiasannya hilang setelah petugas vaksin gadungan tersebut pergi. Mbah Mariyatun sempat mengejarkan hingga ke jalan namun sudah tidak ada.

Baca Juga: Evi Masamba Jadi Penyanyi Dangdut Wanita Terbaik di ADI 2021

“Saya sempat memberitahukan tetangga, namun karena rata rata lansia tidak ada yang mengejar para pelaku tadi. Perhiasan kalung gelang, cincin emas saya kurang lebih 23 gram dengan nilai Rp9 jutaan ditambah buku tabungan saya juga ikut dibawa kabur,” cerita Mariyatun sambil menangis.

Petugas COVID-19 Gadungan ini memiliki ciri, masih muda berseragam Safari, ada tanda pengenal di dada layaknya pegawai sunguhan.

Satu kawanan berjumlah 4 orang, tiga yang turun dan satu menunggu di mobil. Kawanan ini beraksi menggunakan mobil Avanza Silver dengan nomor polisi AD.

Kasus penipuan dengan modus nyaru jadi petugas vaksin, dan pura-pura menawarkan bantuan sosial saat ini mejadi atensi pihak kepolisian Polsek Ngariboyo dan Polres Magetan. (nto/ark)

- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com

Peningkatan aktivitas gunung Semeru ##tiktokberita

♬ suara asli - Nusa Daily