Selasa, Desember 7, 2021

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaBerita KhususDukung Festival Lempung Agung, Pemkot Malang: Agar Lebih Edukasi Generasi Muda

Dukung Festival Lempung Agung, Pemkot Malang: Agar Lebih Edukasi Generasi Muda

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – MALANG – Festival Lempung Agung yang diadakan oleh warga Kampung Gerabah Penanggungan, mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Kota (Pemkot) Malang.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Selain meningkatkan potensi pariwisata daerah, kegiatan tersebut bisa menjadi salah satu destinaasi wisata yang memberikan edukasi ke anak didik.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar), Ida Ayu Made Wahyuni mengungkapkan, Kampung Keramik Dinoyo dan Gerabah Penanggungan bisa bersinergi.

Baca Juga: Festival Makan Papeda Dalam Gerabah Tetap Digelar Sesuai Protokol New Normal

Mensosialisasikan bagaimana cara membuat gerabah kepada anak didik. Oleh karenanya keterlibatan anak didik melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang perlu diusulkan.

“Perlu kita ajak berkolaborasi dan bersinergi bersama-sama. Agar bagaimana regenerasi cara-cara pembuatan gerabah itu bisa mengakar pada anak didik kita yang belajar di sekolah,” terang dia, melalui kanal YouTube Inspire Media TV.

Baca Juga: “Only For Tonight”, Kolaborasi Fitri Carlina dengan Big Marvel

Menurutnya, kegiatan tersebut bisa diterapkan dalam bentuk ekstrakurikuler agar siswa mengetahui bahannya dari mana dan cara membuatnya. Sehingga, gerabah siap jual menjadi kebanggaan tersendiri bagi warga Kota Malang.

“Mari kita rangsang pemikiran mereka agar mereka tahu dari sesuatu yang dasar dan ternyata inilah hasilnya. Saya dorong kepada pengurus Pokdarwis Kampung Gerabah Penanggungan tidak hanya melakukan festival. Tetapi hari hari tertentu dalam keseharian juga memberikan pengajaran kepada anak didik kita, terutama di sekolah,” ungkap dia.

Baca Juga: Melawan Zaman dengan Gerabah Tradisional

Disporapar mengajak bekerjasama dengan semua pihak untuk membangun ekosistem destinasi wisata. Tidak hanya sekadar membangun dan membranding daerah, tetapi juga mengemas daerahnya sebagai potensi pariwisata, caranya harus berbenah diri.

“Tapi bagaimana di lapangan dikemas bersama-sama. Sehingga lokasi tersebut menjadi daya pikat wisata. Kita juga harus melakukan pembenahan-pembenahan yang layak menjadi daya tarik,” pungkas dia.

Baca Juga: Wow! Piring Bergambar Samson-Delilah Terjual Rp 24 Miliar

Sementara, Ketua Forkom Pokdarwis Kota Malang, Isa Wahyudi menjelaskan, ‘Festival Lempung Agung’ yang diselenggarakan oleh Kampung Gerabah Penanggungan ini merupakan rangkaian 27 Virtual Event.

Kerjasama antara 20 Kampung Tematik se-Kota Malang dengan Forkom Pokdarwis Kota Malang yang disupport oleh Disporapar Kota Malang. Sebagai penanda wisata kampung tematik siap dibuka untuk wisata.

Baca Juga: Jelajahi Lombok Sehari, Belanja Tenun hingga Menanti Senja di Bukit Merese

“Event Kampung Tematik ini diapresiasi oleh Kemenparekaf RI, dan katanya dalam waktu dekat boleh dibuka. Kita menunggu verifikasi QR Code,” beber Ki Demang, sapaan akrabnya.

Sementara itu, Ketua Kampung Tematik Gerabah Penanggungan, Hariono mengatakan, pihaknya mengadakan ‘Festival Lempung Agung’ untuk mengangkat jenis kerajinan gerabah yang ada di Kota Malang umumnya, khususnya di Kelurahan Penanggungan sebagai sentra produksi gerabah.

Selanjutnya tujuan festival untuk melestarikan kerajinan seni gerabah itu sendiri. Ditambah sebagai wisata edukasi pembelajaran dan wisata lingkungan.

Rangkaiannya mulai dari membuat gerabah hingga memandikan gerabah ke sungai Brantas tepat disamping galeri.

Diiringi musik tradisional dan anak-anak yang mandi di sungai menambah keasyikan tersendiri bagi pengunjung yang ikut hadir.

“Kerajinan gerabah ini banyak dilupakan padahal ini penting. Supaya lebih mengedukasi generasi muda agar lebih mengerti dan memahami apa sebenarnya gerabah itu,” tandas dia.

Sementara itu, Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji menyampaikan bahwa kegitan ini merupakan kegiatan untuk membangkitkan kembali pariwisata Kota Malang di masa pandemi. Ia berharap dengan kehadiran event wisata virtual ini dapat menarik wisatawan.(nda/adv/ark)

- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com

Peningkatan aktivitas gunung Semeru ##tiktokberita

♬ suara asli - Nusa Daily