Senin, September 26, 2022
BerandaNewsDiundang MUI Gresik, Pria Nikahi Kambing Nangis, Bertobat dan Ucapkan Syahadat

Diundang MUI Gresik, Pria Nikahi Kambing Nangis, Bertobat dan Ucapkan Syahadat

NUSADAILY.COM – GRESIK – Dalam video yang viral pernikahan manusia dan kambing, Saiful Arif (44), warga yang menjadi mempelai pria menyatakan tobat dan mengucapkan dua kalimat syahadat, usai melakukan pertemuan tertutup dengan Majelis Ulama Indonesi (MUI) Kabupaten Gresik dan sejumlah pihak lain.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Tidak hanya Saiful Arif, tiga warga lainnya juga menyatakan pertobatan serupa. Mereka adalah Krisna selaku penghulu pernikahan, Arif Saifullah selaku pemilik konten dan pemilik Sanggar Alam Cipta, dan Anggota DPRD Gresik Nurhudi Didin Arianto selaku pemilik Pesanggrahan Kramat di Desa Jogodalu Kecamatan Benjeng.

MUI Kabupaten Gresik mengundang keempatnya untuk klarifikasi. Mereka pun datang memenuhi undangan, hadir pula sejumlah pihak dari organisasi masyarakat (Ormas), antara lain PCNU Gresik, Muhammadiyah Gresik, LDII Gresik. Rapat digelar secara tertutup, selain para undangan, tidak ada yang boleh masuk selama proses klarifikasi berlangsung.

Sembari menangis, Saiful Arif beserta tiga orang lainnya mengikrarkan dua kalimat syahadat dan mengakui kesalahan atas apa yang sudah mereka perbuat, hingga membuat gaduh masyarakat Gresik dan luar daerah. Pria kelahiran Surabaya itu pun berjanji tidak akan mengulangi kesalahan yang dilakukan.

“Saya Saiful Arif dengan ini menyatakan bertobat kepada Allah SWT atas kesalahan yang saya lakukan,” ucap Saipul saat  tobat.

Pernikahan nyeleneh itu, kata Ketua MUI Kabupaten Gresik KH. Mansoer mengatakan mereka telah menggunakan tata cara nikah secara agama Islam. Karena itu, shighot dan tata laksana dalam pernikahan tersebut sudah masuk kategori penistaan agama, kemanusiaan, budaya dan pencemaran nama baik Kabupaten Gresik yang dikenal dengan Kota Santri.

“Semua yang terlibat aktif di dalamnya wajib bertobat dengan taubatan nasuha dan meminta maaf kepada seluruh umat islam,” ujarnya.

Ia menambahkan persoalan pernikahan nyeleneh antara manusia dan kambing yang menyeret sejumlah pelaku bahkan melibatkan dua anggota DPRD Gresik telah disikapi secara keagamaan dengan tegas oleh pihaknya.

“Kami telah melakukan klarifikasi dengan pihak-pihak terkait, karena melakukan pernikahan dengan binatang bertentangan dengan syariat Islam,” ungkap KH  Mansyur. (fan/aka)

BERITA KHUSUS

Unipma Lakukan Pengabdian Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Digitalisasi Pasar Desa Klumutan Saradan Madiun

NUSADAILY.COM – MADIUN - Kemiskinan merupakan salah satu permasalahan yang saat ini dihadapi oleh sebagian besar masyarakat kita, khususnya masyarakat yang tinggal di pedesaan....

BERITA TERBARU

KPK Bakal Periksa Lukas Enembe Hari Ini

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengagendakan pemeriksaan terhadap Gubernur Papua Lukas Enembe pada hari ini, Senin (26/9). Lukas akan diperiksa sebagai tersangka kasus...