Saturday, September 18, 2021
HomeNewsDipicu Sengketa Perbatasan, India Blokir Aplikasi China Termasuk PUBG

Dipicu Sengketa Perbatasan, India Blokir Aplikasi China Termasuk PUBG

NUSADAILY.COM – NEW DELHI – Hubungan India dan Republik Rakyat Tiongkok makin memanas. Hal itu dipicu atas sengketa perbatasan semakin meluas. Ratusan aplikasi populer keluaran China dilarang di India, meski sudah digunakan jutaan warga India untuk segala hal. Mulai dari selfie hingga bermain game.

India mengeluarkan larangan untuk 118 aplikasi Cina karena reaksi meningkat terhadap Beijing atas pertikaian perbatasan yang semakin sengit antara tetangga raksasa itu.

Pemerintah India menegaskan pada Rabu 2 September 2020, aplikasi – termasuk video game populer PUBG dan layanan lain yang disediakan oleh raksasa internet China Tencent – mempromosikan kegiatan “merugikan kedaulatan dan integritas India, pertahanan India, keamanan negara, dan ketertiban umum”.

BACA JUGA: Facebook Uji Coba Aplikasi Bergaya TikTok di India

Aplikasi seluler PUBG memiliki jutaan pengguna muda di India. Perusahaan tersebut mengatakan telah mengetahui tindakan pemerintah tersebut tetapi tidak memberikan komentar. PUBG dikembangkan oleh perusahaan Korea Selatan, tetapi versi seluler yang telah diluncurkan di seluruh dunia dikembangkan oleh Tencent.

Seperti The Guardian, Kamis 3 September 2020. Aplikasi lain yang ditargetkan oleh India termasuk game, layanan pembayaran online, situs kencan, dan bahkan perangkat lunak untuk mengedit selfie.

BACA JUGA: Serangan Digital Berlanjut, India Putuskan Blokir Game PUBG

India dan Cina, yang berperang di perbatasan pada tahun 1962, terlibat serangkaian bentrokan mematikan di perbatasan Himalaya yang disengketakan dalam beberapa pekan terakhir.

Pada bulan Juni, 20 tentara India tewas dalam pertempuran jarak dekat di wilayah Ladakh. Seorang anggota pasukan khusus India tewas dalam salah satu dari dua insiden pada akhir minggu lalu. (red)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular