Senin, September 20, 2021
BerandaNewsDampak PPKM Level 4 dan Cuaca Buruk, Harga Ikan di Situbondo Anjlok

Dampak PPKM Level 4 dan Cuaca Buruk, Harga Ikan di Situbondo Anjlok

NUSADAILY.COM – SITUBONDO – Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 ditambah dengan cuaca buruk di pesisir Pantai Utara Pulau Jawa (Pantura), berdampak negatif bagi para nelayan. Yaitu, harga ikan di pasaran mengalami penurunan.

Salah satu nelayan di Kecamatan Panarukan, Heri mengatakan, akibat adanya penyekatan di jalan raya berdampak terhadap kwalitas ikan yang sudah tidak segar. Sehingga membuat harga menjadi turun.

“Harganya sekarang murah, tidak seperti biasanya. Kalau sebelum adanya PPKM ini harga ikan bisa sampai Rp. 25 ribu per Kilogramnya. Sekarang jadi Rp. 21 ribu per Kilogramnya,” ucapnya, Selasa, 3 Agustus 2021.

Heri mengungkapkan, akibat cuaca buruk dan disertai angin kencang di pesisir Pantura juga berdampak terhadap hasil tangkapan para nelayan. “Mau tidak mau harus tetap melaut. Meski hanya untuk sebatas biaya hidup, apalagi sekarang ikan sangat minim,” tegasnya.

Lebih lanjut, Heri menjelaskan, akibat cuaca buruk itu, tidak sedikit para nelayan di Panarukan tidak melaut. “Banyak yang memilih untuk memperbaiki jaring dan alat tangkap ikan,” imbuhnya.

Heri menerangkan, memang ada bantuan dari pemerintah. Namun jumlahnya masih minim. Akibatnya, pembagiannya tidak merata. “Kami sangat berharap pada pemerintah daerah, dimana pada musim peceklik saat ini ada uluran tangan bagi para nelayan,” tutupnya. (fat/aka).

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

AnyFlip LightBox Embed Demo

popular minggu ini

- Advertisement -spot_img

BERITA TERBARU

berita khusus

Pemkot Malang Alokasikan Dana Cukai Hasil Tembakau untuk Jaminan Kesehatan

NUSADAILY.COM - MALANG - Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Kesehatan memanfaatkan Dana Bagi Hasil (DBH) Cukai Hasil Tembakau (CHT) untuk program pemenuhan dan penyediaan...